Ini Resiko yang Dapat Dialamai Orang Obesitas Saat Tidur

Tanggal: 20 Jul 2017 18:03 wib.
Tampang.com - Seperti kita ketahui, orang yang berkelebihan berat badan memang memiliki resiko lebih besar terserang penyakit. Ternyata, resiko penyakit tersebut dapat terjadi saat tidur.

Menurut Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) risiko yang berbahaya bagi orang gemuk pada waktu tidur adalah obstructive sleep apnea atau berhenti napas saat tidur. Hal ini biasanya ditandai dengan kebiasaan mendengkur.

“Orang obesitas biasanya tidurnya mendengkur,” ucap dokter yang praktik di MRCCC Siloam Hospital.

dr Samuel menjelaskan berhentinya napas saat tidur terjadi karena posisi lidah yang jatuh ke belakang atau menutup jalan napas. Sehingga saat jalan sudah tertutup seperempat atau sepertiga bagian maka terjadilah bunyi dengkuran dan mengurangi kualitas tidur orang tersebut.

Lebih lanjut, dr Samuel menjelaskan lidah pada orang gemuk cenderung menutup jalan napas dikarenakan timbunan lemak yang berada di bagian leher. Hal tersebut menyebabkan tertekannya jalan napas atau saraf.

“Saraf yang tertekan tersebut lama-lama bisa jadi lemah. Jadi kalau tidur lidahnya jatuh,” sambung ayah dari tiga orang anak ini.

Oleh karena itu, dr Samuel menyarankan kepada orang gemuk untuk menumpuk bantal hingga tiga saat tidur. Selain itu ia menyarankan untuk tidur dengan posisi miring.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved