Ini Manfaat Tersembunyi Kentang yang Harus Kamu Ketahui

Tanggal: 14 Nov 2017 08:08 wib.
Tak hanya mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan, ternyata kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kentang akan memberikan manfaat yang optimal bila tidak dikonsumsi berlebihan dan tidak digoreng. Ada banyak hidangan nikmat yang bisa Anda nikmati dengan bahan dasar kentang. Mulai dari baked potato hingga kentang rebus yang enak dipadukan dengan bumbu dan rempah yang sedap!

Berikut beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin konsumsi kentang.

1. Mengontol tekanan darah

Hal ini dibuktikan oleh Praktisi Kesehatan yaitu Shilpa Arora yang mengatakan, "Kentang sangat baik bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan retensi air karena kentang akan menstabilkan natrium yang tinggi," lanjutnya. Selain itu, kentang juga kaya akan asam klorogenat dan anthocyanin, dan juga kandungan bahan kimianya dapat membantu Anda menurukan tekanan darah.

2. Membantu Anda lebih rileks

Menurut buku 'Healing Foods', kentang, terutama daging putihnya kaya akan triptofan, asam amino dengan sifat obat penenang alami yang dapat membantu menenangkan saraf.

3. Mengurangi peradangan

Kentang bersifat basa dan anti-infamasi dapat membantu meringankan sakit di lambung dan usus dua belas jari serta mengurangi asam lambung. Selain itu, kentang juga bisa meringankan peradangan yang terkait dengan penyakit arthritis.

4. Mencegah penyakit jantung

Kentang sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya berupa anthocyanin.

Selain itu juga kentang mengandung serat, kalium, dan vitamin C serta B6 membuat kentang tidak diragukan lagi akan efek untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Tapi jika kentang dimasak dengan cara digoreng, ia bisa menyebabkan risiko kolesterol.

5. Menjaga kesehatan otak

Asam alpha lipoic, koenzim yang terdapat dalam kentang pun dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan kognitif. Para ahli telah menghubungkan asam ini memiliki efek yang menguntungkan pada pasien alzheimer.

6. Melancarkan pencernaan

Kadar tinggi serat dari kentang membantu lancarkan pencernaan. Serat mendukung pencernaan dan mendorong keteraturan usus dengan menambahkan volume untuk kotoran.

Selain itu, kentang juga dapat membantu dengan cepat penyembuhan sakit diare. Kaya akan kalium, mineral yang berlebihan akan hilang selama diare.

7. Mencegah insomnia

Triptofan yang secara alami ditemukan dalam kentang merupakan obat alami yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Kalium yang terkandung di kentang juga berperan untuk merelaksasikan otot yang akan menyulap tidur Anda akan lebih nyenyak dan nyaman.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved