Ini Cara Mengelola Stress yang Kamu Alami

Tanggal: 15 Feb 2018 14:11 wib.
Tampang.com - Dalam kehidupan sehari-hari, stress menjadi salah satu hal yang sering menyerang. Terutama bagi kaum wanita, karena memiliki banyak sekali beban pikiran, seperti mengurus anak, suami, dan kewajiban lainnya.

Menurut Samanta Ananta, Psikolog anak di Brawijaya Clinic, untuk mengelola stress ini, yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengetahui sinyal stress. Beberapa sinyal stress yang sering dijumpai adalah nafsu makan yang meningkat, jantung yang berdebar, dan perasaan was-was yang berlebih yang menyebabkan susah tidur, seperti dilansir dari laman Tempo.

Untuk pengelolaan stress, kamu dapat melakukan meditasi dan yoga. Untuk meminimalisasi tingkat stress, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, diantaranya:
Pertama, bernapaslah dalam-dalam. Sebab, saat stres, tubuh cenderung bernapas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi tingkat stres. Cobalah lakukan cara ini berulang kali.

Kedua, child pose atau posisi bayi tidur tengkurap untuk meregangkan seluruh saraf. Hal tersebut dapat dilakukan selama 20 detik secara berulang-ulang untuk membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan otak.

Lakukan sedikit olahraga jika tubuh serta pikiran lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak dapat membuat lebih rileks.

Ketiga, manjakan diri sendiri. Untuk mencegah stres berkelanjutan, lakukan me time, semacam masa-masa santai sendiri, minimal sekali dalam seminggu. Ingat, jangan pernah melampiaskan stres dengan minuman beralkohol, obat-obatan, dan rokok karena justru akan memperburuk kondisi.

Yang terpenting dari pengelolaan stress ini adalah dengan tidak memendam masalah sendiri. Cobalah berbagi masalah tersebut dengan orang-orang sekitar yang kamu percaya.

Jika sudah tidak mampu mengelola stres sendiri atau bingung, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan psikolog.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved