Ini Cara Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan

Tanggal: 4 Mar 2018 09:56 wib.
Tampang.com - Sakit pada tenggorokan bisa dirasakan oleh siapapun dan kalangan manapun. Sakit tenggorokan ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri ataupun virus.

Meskipun sepele, namun sakit tenggorokan ini sangat mengganggu pada aktivitas yang kita lakukan. Terutama ketika kita tengah makan, menelan menjadi sangat sulit karena sakitnya. Biasanya, radang tenggorokan ini disertai dengan gejala batuk, pilek, sakit kepala.

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, kamu dapat meredakan sakit tenggorokan ini dengan cara yang dapat kamu lakukan di rumah. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan.

Perbanyak minum air putih

Banyak mengonsumsi air putih bisa meredakan radang tenggorokan yang disertai dengan demam.

Berkumur menggunakan air garam

Bumbu dapur satu ini memiliki sifat yang antiseptik, sehingga mampu mengurangi sakit radang tenggorokan. Caranya, larutkan 1-2 sendok makan garam ke dalam segelas air putih kemudian berkumur-kumur dengan larutan air garam tersebut selama beberapa menit.

Hindari merokok

Dengan menghindari untuk tidak merokok, bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokkanmu. Selain itu, usahakan pula agar Kamu terhindar dari lingkungan yang penuh dengan asap rokok.

Perbanyak istirahat

Istirahat yang cukup menjadi salah satu kunci mengobati radang tenggorokan dan bisa mengembalikan sistem kekebalan tubuh Kamu. Selain itu, agar tubuh semakin bugar usahakan Kamu tidak terlalu lelah dengan mengurangi sedikit aktivitas dan olahraga yang terlalu berat.

Mengonsumsi madu dan lemon

Meminum campuran madu dan lemon bisa mengatasi radang tenggorokan. Apalagi madu dan lemon memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hindari makanan berminyak dan pedas

Jika sedang mengalami radang tenggorokan, usahakan menghindari makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, makanan pedas dan juga minuman dingin seperti es. Karena hal tersebut, bisa membuat radang tenggorokan Kamu semakin parah.

Menggunakan bawang putih

Bawang putih efektif dalam membunuh bakteri atau virus yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu mengunyah sebutir bawang putih hingga halus. Lalu kumur-kumur menggunakan air putih.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved