Ingin Puasa Lancar ? Ini Jenis-jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi

Tanggal: 17 Mei 2017 14:28 wib.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim di dunia.Agar puasa kita dapat berjalan dengan lancar dan aktifitas keseharian kita tidak terganggu, ada baiknya kita perlu memilih makanan dan minuman yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Jangan sampai puasa yang sejatinya menyehatkan tubuh malah menjadi penyakit dan penghalang kita dalam kegiatan sehari-hari.

Asupan makanan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh semua umat muslim yang sedang berpuasa. Makanan yang cocok dikonsumsi adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan energi untuk aktivitas siang hari serta sifatnya tidak membuat cepat lapar dan kesehatan tetap terjaga.

Jenis makanan dan minuman yang baik untuk puasa :

1.Nasi, Ubi, kentang, nasi merah, pasta dan produk gandum  

Adalah penghasil karbohidrat utama, berguna untuk memenuhi kebutuhan energi kita namun perlu diingat mengkonsumsi karbohidrat sebaiknya sewajarnya saja.

2.Daging sapi, putih telur, ikan dan ayam

Makanan ini merupakan sumber protein dari hewani, protein diperlukan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi selain karbohidrat.

3.Kacang-kacangan seperti kacang panjang, buncis dan kacang tanah.

Merupakan sumber protein yang berasal dari nabati. Cocok untuk orang yang menghindari makanan berlemak dan berkolesterol.

4.Sayur-sayuran

Sayuran kaya akan mineral, zat besi serta antioksidan yang berfungsi menjaga keseimbangan funsi enzim sebagai sumber serat untuk memperlancar sistem pencernaan.

5.Buah-buahan

Merupakan sumber dari segala jenis vitamin-vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan bugar selama berpuasa.

6.Kurma

Adalah buah yang mengandung glukosa dan fruktosa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi.

7.Air mineral (air putih)

Kandungan air mineral berfungsi menjaga tubuh agar tidak dehidrasi

8.Madu

Madu memiliki kandungan gizi yang tinggi sebagai sumber energi dan sumber antioksidan  untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama berpuasa.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved