Ibu Insomnia, Anak Juga

Tanggal: 4 Sep 2017 14:10 wib.
Anak-anak akan memiliki kualitas tidur lebih buruk jika ibu mereka menderita gejala insomnia, hal ini berpotensi mempengaruhi kesejahteraan mental dan perkembangan mereka - menurut penelitian baru oleh University of Warwick dan University of Basel.

Dipimpin oleh Dr Sakari Lemola dari Departemen Psikologi Warwick dan Natalie Urfer-Maurer dari Universitas Basel, penelitian yang dilaporkan dalam Sleep Medicine menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu dengan gejala insomnia tertidur kemudian, kurang tidur, dan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tidur nyenyak.

Penelitian ini menganalisis data dari hampir 200 anak berusia 7-12 tahun yang sehat dan orang tua mereka, para peneliti mempelajari hubungan antara gejala insomnia orang tua dan kualitas tidur anak-anak mereka.

Tidur diukur dengan electroencephalography di rumah (EEG) - metode yang digunakan untuk merekam aktivitas listrik di otak dan memungkinkan untuk mengidentifikasi tahap tidur yang berbeda - sementara orang tua melaporkan gejala insomnia mereka sendiri dan anak-anak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya memiliki gejala insomnia, kurang tidur, dan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tidur nyenyak, seperti yang diukur oleh EEG.

Namun, tidak ada hubungan antara masalah tidur ayah dan tidur anak-anak yang diukur dengan EEG.

Studi tersebut menunjukkan bahwa alasan mengapa tidur anak lebih dekat dengan tidur ibu daripada tidur ayah adalah bahwa, rata-rata, ibu masih menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka daripada ayah - dan oleh karena itu, pengaruh timbal balik yang lebih kuat cenderung terjadi.

Tidur memainkan peran penting untuk kesejahteraan orang dewasa dan anak-anak. Tidur nyenyak dan kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan mental, pembelajaran, ingatan, dan prestasi sekolah pada anak-anak. Di masa dewasa sekitar 30% orang menderita gangguan tidur. Kelainan tidur paling umum di masa dewasa adalah insomnia, yang didefinisikan oleh gejala seperti sulit terjatuh atau tertidur di malam hari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved