Gangguan Bipolar, Apa Saja Jenisnya?

Tanggal: 18 Apr 2018 17:54 wib.
Tampang.com – Salah satu gangguan jiwa yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini adalah gangguan bipolar. Bipolar itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana terdapatnya perubahan suasana hati dan energy yang sangat drastic dari yang tertinggi ke terendah.

Mereka yang mengalami gangguan bipolar akan menunjukkan beberapa gejala yang sering muncul yaitu depresi, mania dan juga hipomania.

Depresi adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesedihan dan juga kecemasan yang begitu mendalam.

Mania adalah suatu kondisi dimana suasana hati yang berbanding terbalik dengan keadaan depresi. Adapun untuk hipomania adalah kondisi yang sama namun berbeda dari lama episode berlangsungnya kondisi tersebut.

Adapun gangguan bipolar itu sendiri memiliki perbedaan apa sajkah perbedaannya?

Gangguan Bipolar Tipe I

Pada gangguan tipe ini, seseorang akan mengalami satu episode mania. Pada seseorang yang mengalami gangguan tipe ini akan mengalami depresi dan hipomania namun dalam waktu yang singkat.

Gangguan Bipolar Tipe II

Pada gangguan bipolar tipe ini, seseorang akan mengalami episode depresi yang lebih berat daripada tipe I.

Gangguan Cyclothymic

Pada gangguan tipe ini, ia akan mengalami epidsode hipomania dan depresi secara teratur.

Rapid cycling

Seseorang yang mengalami gangguan ini akan mengalami empat atau lebih episode hipomania, mania atau depresi dalam kurun waktu 12 bulan. Perubahan suasana hati yang dialami oelhnya akan berlangsung sangat cepat.

Episode campuran

Seseorang yang mengalami gangguan ini akan mengalami episode depresi, hipomania dan juga mania secara bersamaan. Hal ini menjadi sangat berbahaya dan harus segera ditangani.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved