Dosis Darah Rendah Terkait dengan Gangguan pada Rria yang Lebih Tua

Tanggal: 10 Feb 2018 20:29 wib.
Tingkat natrium yang lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan gangguan mental dan penurunan pada pria yang lebih tua, sebuah studi baru menemukan.

Temuan ini mungkin menjadi perhatian, terutama karena obat-obatan tertentu yang sering digunakan oleh orang tua dapat menurunkan kadar sodium dalam darah, kata para ahli.

Namun, "pada titik ini saya tidak berpikir kita dapat mengubah manajemen kita dari orang-orang yang termasuk dalam kategori ini," kata Dr. Maria DeVita, spesialis nefrolog, atau spesialis ginjal di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City. "Diperlukan lebih banyak penelitian."

DeVita tidak terlibat dalam studi baru, yang dipimpin oleh Universitas Kristen Nowak dari Universitas Colorado Anschutz Medical Campus.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 5.400 pria sehat, berusia 65 dan lebih tua, yang mengambil bagian dalam studi utama osteoporosis. Kesehatan mereka diikuti rata-rata di bawah lima tahun.

Menurut tim Nowak, 100 pria mengembangkan kondisi yang disebut hyponatremia, dimana kadar sodium dalam darah berada di bawah tingkat kesehatan.

Dibandingkan dengan pria dengan kadar sodium dalam kisaran normal, pria dengan hiponatremia ringan 30 persen lebih mungkin mengalami penurunan mental pada awal penelitian, dan 37 persen lebih mungkin mengalami penurunan mental dari waktu ke waktu.

Para periset juga menemukan hubungan antara kadar natrium tinggi dalam darah dan penurunan mental dari waktu ke waktu.

Penelitian ini dipublikasikan 8 Februari di Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

Berbicara dalam rilis berita jurnal, Nowak mencatat bahwa "kadar natrium yang sedikit lebih rendah dalam darah cenderung tidak diperhatikan dalam praktik klinis."

Tapi dia menekankan bahwa temuan tersebut bersifat pendahuluan, dan tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat.

"Karena kadar natrium [darah] sedikit turun dan perubahan fungsi kognitif ringan terjadi pada usia lanjut, penelitian masa depan mengenai topik ini penting - termasuk menentukan apakah memperbaiki tingkat natrium yang lebih rendah mempengaruhi fungsi kognitif," kata Nowak.

Dr. Gisele Wolf-Klein mengarahkan pendidikan geriatri di Northwell Health di New Hyde Park, N.Y. Dia menyebut temuan baru itu "menarik," namun setuju bahwa diperlukan lebih banyak penelitian.

Wolf-Klein mencatat bahwa sulit untuk menawarkan kelompok perbandingan "dunia nyata" yang bagus kepada orang-orang yang dilacak dalam penelitian ini, karena semuanya terdaftar dalam percobaan osteoporosis. Dan dia mengatakan bahwa penelitian tersebut juga gagal untuk "memberi kami faktor lain yang diketahui mempengaruhi tingkat sodium [pria]."

Tapi hubungan antara kadar natrium darah dan fungsi otak pada lansia itu penting, kata Wolf-Klein, yang tidak memiliki peran dalam penelitian ini.

"Obat yang sering diketahui menurunkan kadar natrium darah termasuk diuretik dan antidepresan, yang merupakan obat yang paling umum diberikan pada orang dewasa yang lebih tua," katanya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved