Diet pada Ibu Hamil Pengaruhi Mental Anak

Tanggal: 17 Agu 2017 22:59 wib.
Diet tidak hanya menciptakan masalah kesehatan bagi ibu hami. Penelitian baru pada hewan menunjukkan bahwa diet mengubah perkembangan sistem otak dan endokrin anak-anak mereka dan memiliki dampak jangka panjang pada perilaku keturunannya. Studi baru ini menghubungkan diet yang tidak sehat selama kehamilan dengan gangguan kesehatan mental seperti kegelisahan dan depresi pada anak-anak.

"Mengingat tingginya konsumsi makanan dan obesitas ibu di negara maju, temuan ini memiliki implikasi penting bagi kesehatan mental generasi mendatang," para peneliti melaporkan.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Frontiers in Endocrinology.

Penelitian yang dipimpin oleh Elinor Sullivan, Ph.D., seorang asisten profesor di Divisi Neuroscience di Research Center di OHSU, menguji efek diet tinggi lemak ibu terhadap primata bukan manusia, mengendalikan diet mereka dengan ketat. Cara yang tidak mungkin terjadi pada populasi manusia. Studi tersebut mengungkapkan perubahan perilaku pada keturunan yang terkait dengan gangguan perkembangan sistem serotonin sentral di otak. Selanjutnya, hal itu menunjukkan bahwa mengenalkan diet sehat kepada keturunan pada usia dini gagal membalikkan efeknya.

Studi observasional sebelumnya pada orang berkorelasi dengan obesitas ibu dengan berbagai gangguan kesehatan mental dan perkembangan saraf pada anak-anak. Penelitian baru ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa diet tinggi lemak, yang semakin umum di negara maju, menyebabkan konsekuensi kesehatan mental jangka panjang untuk keturunan primata non-manusia.

Di Amerika Serikat, 64 persen wanita usia subur kelebihan berat badan dan 35 persen mengalami obesitas. Studi baru menunjukkan bahwa epidemi obesitas A.S. dapat menyebabkan efek transgenerasional.

"Ini bukan tentang menyalahkan ibu," kata Sullivan, penulis senior dalam penelitian ini. "Ini tentang mendidik wanita hamil tentang potensi risiko diet tinggi lemak dalam kehamilan dan memberdayakan mereka dan keluarga mereka untuk membuat pilihan yang sehat dengan memberikan dukungan. Kita juga perlu membuat kebijakan publik yang mempromosikan gaya hidup dan makanan sehat."

Periset mengelompokkan total 65 kera Jepang ke dalam dua kelompok, satu diberi diet tinggi lemak dan satu diet kontrol selama kehamilan. Mereka kemudian mengukur dan membandingkan perilaku seperti kecemasan di antara 135 keturunan dan menemukan bahwa baik laki-laki dan perempuan yang melakukan diet tinggi lemak selama kehamilan menunjukkan kejadian kecemasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Para ilmuwan juga memeriksa perbedaan fisiologis antara kedua kelompok, menemukan bahwa mereka diet tinggi lemak selama masa gestasi dan awal perkembangannya mengganggu pengembangan neuron yang mengandung serotonin, neurotransmiter yang penting dalam mengembangkan otak.

Temuan baru menunjukkan bahwa diet setidaknya sama pentingnya dengan predisposisi genetik terhadap gangguan perkembangan saraf seperti kegelisahan atau depresi, kata psikiater pediatrik OHSU yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Saya pikir ini cukup dramatis," kata Joel Nigg, Ph.D., profesor psikiatri, anak-anak, dan neuroscience di OHSU School of Medicine. "Banyak orang akan tercengang melihat bahwa diet ibu memiliki pengaruh besar pada perilaku keturunan. Kami selalu melihat kaitan antara obesitas dan penyakit fisik seperti penyakit jantung, tapi ini benar-benar Demonstrasi paling jelas bahwa itu juga mempengaruhi otak. "

Sullivan dan asisten peneliti dan penulis pertama Jacqueline Thompson mengatakan bahwa mereka yakin temuan tersebut memberikan bukti bahwa memobilisasi sumber daya publik untuk menyediakan makanan sehat dan perawatan pra-dan pasca-kelahiran kepada keluarga dari semua kelas sosial ekonomi dapat mengurangi gangguan kesehatan mental di generasi mendatang.

"Harapan saya adalah peningkatan kesadaran masyarakat tentang asal mula gangguan neuropsikiatri dapat memperbaiki identifikasi dan pengelolaan kondisi ini, baik pada tingkat individu maupun masyarakat," kata Thompson.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved