Dampak Buat Kalian yang Suka Menggigit Kuku

Tanggal: 2 Feb 2018 15:45 wib.
Tampang.com - Kalian tanpa sengaja suka gigit kuku tanpa di sadari atau sadar. Meski tahu akan berakibat buruk, nyatanya banyak orang yang merasa sangat sulit untuk menghentikannya dan menjadi kebiasaan paling umum yang banyak dilakukan.  

Tapi, tahukah kamu bahwa 20-30% orang bahkan memiliki kebiasaan menggigit kuku saat ini ?, dan kebiasaan ini akan memberi dampak yang buruk jika kamu salah satu.

Mau tau apa aja dampak buruknya yuk simak,

1.    Merusak kuku dan pertumbuhannya

Menggigit kuku bisa membuat tampilan kuku menjadi jelek dan kasar di bagian ujungnya. Bahkan, kuku nggak bisa tumbuh jika kamu terus melakukan kebiasaan ini.

2.    Kuku bisa tumbuh masuk kedalam

Kuku jari memiliki lapisan generatif yang disebut matriks. Terlalu sering menggigitinya terlebih pada bagian yang mengalami infeksi dapat merusak matriks yang dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam atau kelainan pada kuku. Untuk mengatasinya, kamu bahkan harus menjalani operasi kecil! Waduh parah guys, kalau sampai begitu sii.

3.    Infeksi pada jari



Karena kesalahan menggigit yang berakhibat terjadi luka pada jari. Bila didiamkan terbuka, bakteri, kotoran hingga jamur dapat mencemari dan menimbulkan infeksi pada luka. Jari bisa membengkak, penumpukan cairan, hingga bernanah.

4.    Berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut



Meski kecil, nyatanya kuku merupakan organ tubuh yang keras dan kuat. Kebiasaan menggigitinya bisa merusak kesehatan gigi terlebih bagi kamu yang mengenakan kawat gigi. Lapisan gigi akan rusak dan gigi akan menjadi sensitif pada suhu bila kamu sering menggigit benda keras. Selain itu, bakteri pada kuku juga akan berpindah pada area mulut yang dapat menimbulkan masalah gigi dan bau mulut lainnya. Wah kalau sudah begini segera deh guys ubah kebiasaan loo.

5.    Memicu penyakit lain

Saat kuku dan gigi bersentuhan, bakteri dan mikroorganisme lainnya akan ikut berpindah dan mencemari mulut. Hal ini bisa memicu penyakit pada tubuhmu seperti sariawan. Berbahayanya lagi, bahkan bisa memicu infeksi ringan atau berat. Ingat, kotora pada kuku juga bisa membwa virus loh. Apalagi kalian jarang tuh bersihkan kuku hadueh makin parah deh.

6.    Penyebab diare

Dengan menggigit kuku apalagi yang masih kotor, dueh pasti deh banyak kumat tertinggal. Bukan hanya tertinggal di mulut, bakteri tersebut juga akan ikut masuk ke organ pencernaan. Akibatnya kamu bisa mengalami diare terus menerus. Selain berbahaya bagi kesehatan, hal ini tentu akan mengganggu aktivitas lain bukan?

Gimana guys masih aja kalian lakukan kebiasaan yang nggak ada manfaatnya bahkan mungkin lebih banyak penyakit yang datang ya guys. Tapi ya semua terserah kalian ya guys, kalau mau sehat dan percaya diri tinggalkan kebiasaan tersebut, ok guys.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved