Cegah Dehidrasi Saat Mudik dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Tanggal: 5 Jun 2018 12:27 wib.
Tampang.com - Mudik merupakan hal yang sangat dinanti-nanti untuk dapat berkumpul dengan keluarga saat lebaran Idul Fitri. Saat mudik pastinya akan menempuh perjalanan jauh selama berjam-jam atau mungkin bisa sampai berhari-hari dan biasanya jalanan akan lebih ramai bahkan macet sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi harus di cegah atau segera diatasi karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

Dehidrasi pada umumnya terjadi karena kurangnya asupan cairan yang diperlukan tubuh. Hal ini biasa terjadi saat keadaan puasa. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi saat berbuka puasa dan sahur.

Dehidrasi yang dibiarkan terus menerus akan mengganggu kesehatan dan akan menyebabkan badan lemas, sakit kepala, syok bahkan hingga menyebabkan kematian. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi.



Berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi dehidrasi saat mudik :

1. Konsumsi buah-buahan

Pilihlah buah yang mengandung kadar air yang tinggi seperti semangka, apel, melon atau buah pir. Kandungan air mencapai 90% dan dapat membuat tubuh terhidrasi dalam waktu yang cukup lama terutama saat mudik.

2. Konsumsi sayur sup

Hidangan sup terbuat dari campuran kaldu ayam dan sayuran. Kandungan nutrisi, cairan serta vitamin dan mineral dalam sup akan membantu mencegah dehidrasi.

3. Air kelapa muda

Air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalsium, potasium dan sodium yang lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Tingginya kandungan air dan nutrisi pada air kelapa muda membuat minuman ini cocok untuk mencegah dehidrasi.

4. Konsumsi sayuran

Daun selada, ketimun dan brokoli dapat menjadi pilihan menu sehat saat buka puasa dan sahur. Sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi dan air yang membantu memasok kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved