Sumber foto: google

Cara Tepat Memilih Sunscreen Berdasarkan 4 Jenis Kulit

Tanggal: 4 Mei 2024 15:38 wib.
Paparan sinar ultraviolet (sinar UV) dapat memberikan dampak yang negatif terhadap kulit. Sinar UVA pada kulit dapat membuat timbulnya penuaan dini, sementara paparan sinar UVB pada kulit dapat membuat kulit menjadi terbakar, yang diketahui dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Untuk menghindari paparan sinar UV, sunscreen sangat diperlukan sebagai upaya perlindungan terhadap kulit.

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karenanya, kulit dapat terlindungi dan tidak mudah terbakar saat terkena sinar UV, serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Dr. Kardiana Dewi, seorang ahli dermatologi kulit, dalam acara evolution of Annesa di Jakarta, (29/3), memberikan tips cara memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit. Berikut adalah panduan dalam memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit :

1. Untuk Kulit Bayi

Penggunaan sunscreen untuk anak bayi bisa dilakukan ketika usia anak sudah di atas 6 bulan. Pemilihan sunscreen yang tepat untuk anak kecil seperti bayi sangat penting untuk memperhatikan bahwa bahan yang terdapat dalam kandungannya tidak memiliki zat berbahaya seperti Octocrylene, Oxybenzone, dan lainnya. Pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan nyaman untuk digunakan pada kulit bayi guna melindungi kulit bayi dari efek sinar UV.

2. Untuk Kulit Kering

Bagi yang memiliki masalah kulit kering, bisa menggunakan sunscreen yang teksturnya berupa seperti krim atau gel. Pastikan sunscreen yang digunakan dapat melembapkan kulit dan terdapat kandungan bahan seperti gliserin, asam hialuronat, ceramide, serta madu untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit kering.

3. Untuk Kulit Berminyak

Bagi yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk memilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti serum atau lotion. Pilihlah sunscreen yang berlabel bebas minyak dan non comedogenic disertai dengan SPF maksimal 50 untuk memberikan perlindungan optimal tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kulit berminyak.

4. Untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif membutuhkan perhatian khusus saat memilih produk sunscreen. Pilihlah sunscreen yang tidak memiliki kandungan seperti pewangi, pengawet alkohol, dan sunscreen dengan bahan tidak bersifat iritasi untuk mencegah kemungkinan timbulnya jerawat, kusam, dan penutupan pori-pori. Jenis sunscreen yang disarankan untuk kulit sensitif adalah mineral sunscreen atau physical sunscreen, yang mampu memberikan perlindungan optimal tanpa menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.

Dengan memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan perlindungan maksimal dari paparan sinar UV serta mencegah terjadinya masalah kulit akibat paparan sinar matahari secara berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen yang tepat, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved