Sumber foto: pinterest.com

Cara Mengetahui Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya

Tanggal: 19 Apr 2024 11:15 wib.
Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang umum di masyarakat saat ini. Mengetahui apakah kolesterol kita tinggi atau tidak sangat penting untuk mencegah risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Namun sebelum mengetahui cara untuk memeriksa kadar kolesterol, mari kita bahas terlebih dahulu apa penyebab kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, di antaranya adalah pola makan yang tidak sehat, kekurangan aktivitas fisik, faktor genetik, serta kebiasaan merokok. Memakan makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol seperti makanan olahan, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan kebiasaan merokok juga berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Cara Mengetahui Kolesterol Kita Tinggi

Untuk mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh sudah tinggi atau tidak, kita bisa melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter atau laboratorium untuk memeriksa kadar kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida. Selain itu, kita juga bisa menggunakan alat pemeriksaan kolesterol di rumah yang dapat dibeli di apotek untuk memeriksa kadar kolesterol kita sendiri.

Selain melalui pemeriksaan, ada beberapa gejala yang dapat menjadi pertanda bahwa kadar kolesterol kita tinggi, seperti nyeri dada, napas pendek, serta rasa lelah yang berlebihan. Namun, beberapa orang dengan kadar kolesterol tinggi mungkin tidak mengalami gejala apapun, sehingga pemeriksaan secara teratur sangat penting.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, serangan jantung, serta masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, menjaga kadar kolesterol dalam batas normal sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Dengan mengetahui cara untuk mengetahui kadar kolesterol tinggi dan penyebabnya, kita dapat lebih waspada dan menjaga pola makan serta gaya hidup untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan akibat kolesterol tinggi. Konsultasikan juga dengan dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan individu kita.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved