Cara Cek Virus Corona di Rumah Sakit Terdekat Lewat Halodoc

Tanggal: 2 Jun 2020 11:42 wib.
Penyebaran virus Corona di Indonesia semakin meluas, dan tidak semua orang yang terinfeksi menunjukkan gejala tertentu. Kondisi ini membuat masyarakat semakin waspada dengan kesehatan diri sendiri. Hingga, akhirnya banyak yang mendaftarkan keluarga mereka untuk mengikuti tes Covid-19.

Masih banyak yang belum memahami prosedur tes Covid-19 sesuai dengan aturan pemerintah. Sebenarnya, tidak semua masyarakat bebas memeriksakan diri secara langsung di rumah sakit terdekat. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum cek virus Corona.                                                                                           

Langkah-Langkah Cek Virus Corona Melalui Aplikasi Halodoc

Syarat mengikuti tes Covid-19 diantaranya masyarakat yang pernah melakukan perjalanan di negara yang terjangkit virus Corona, atau berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), atau orang yang menunjukkan gejala tertentu.

Apabila termasuk dalam salah satu kategori tersebut, segera periksakan diri ke rumah sakit yang terdekat dan ikuti langkah-langkah berikut ini berikut ini.


Mendaftar Tes Covid-19 Melalui Aplikasi Halodoc


Jika belum memiliki aplikasi Halodoc, download melalui app store atau play store terlebih dahulu. Kemudian instal dan ikuti langkah registrasi dengan benar. Setelah aplikasi berhasil diinstal, pilih menu Tes Covid-19 yang terdapat pada homepage Halodoc.

User dapat memilih lokasi tes, sebaiknya pilih rumah sakit terdekat dan direkomendasikan oleh pemerintah. Setelah itu, pilih jenis tes yang akan diikuti. Tentukan jadwal kunjungan. Jangan lupa lengkapi data diri secara lengkap. Selesaikan pembayaran. Konfirmasi jadwal tes akan kirimkan melalui SMS.


Datang Ke Rumah Sakit Sesuai dengan Jadwal yang Disepakati


Masyarakat diharapkan tetap melakukan isolasi mandiri di rumah selama menunggu jadwal pelaksanaan tes. Daftar tes Covid-19 melalui aplikasi Halodoc lebih mudah karena pengguna tidak harus menunggu antrean lama di rumah sakit. Sehingga pengunjung rumah sakit lainnya tidak perlu khawatir akan tertular.

Pasien tinggal datang sesuai dengan jadwal yang disepakati melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di berbagai daerah. Selain tes Covid-19, aplikasi ini juga memberikan layanan kesehatan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.


Mengikuti Tahapan Cek Virus Corona


Sebelum melakukan serangkaian rapid tes atau tes CPR, pasien akan diwawancarai terlebih dahulu. Dokter atau tenaga medis akan menanyai tentang gejala yang dirasakan, riwayat perjalanan, dan apakah pernah berinteraksi dengan pasien positif  corona.

Selanjutnya, pasien akan di cek darah untuk melihat risiko gangguan kesehatan lainnya. Seperti kanker, jantung, fungsi hati, ginjal, dan lainnya. Kemudian tenaga medis juga melakukan rontgen untuk melihat kondisi paru-paru. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memudahkan dokter dalam mendiagnosis hasil rapid test atau tes CPR.


Menunggu Hasil Pemeriksaan


Seluruh rangkaian pemeriksaan sudah dilalui, pasien akan dipindahkan di ruang dekontaminasi untuk menunggu hasil tes. Hasil tes dapat diketahui sekitar 1 hingga 2 jam, dan akan mengetahui apakah pasien tersebut suspect atau tidak.


Mengikuti Tahap Lanjutan untuk Pasien Suspect


Pasien yang dinyatakan positif corona akan segera dipindahkan ke ruang isolasi. Selanjutnya, pasien mengikuti prosedur tes swab. Dimana jaringan sampel sel pada hidung atau tenggorokan diambil untuk diperiksa ke 17 laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah.

Hasil pemeriksaan ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 hari. Memalui tes ini pasien suspect corona dapat didiagnosis apakah positif menderita Covid-19. Apabila hasilnya positif, pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit hingga sembuh.                                                                                                                                               

Biaya mengikuti serangkaian tes Covid-19 ini relatif mahal. Tapi, dengan menggunakan aplikasi Halodoc, pasien dapat meminimalisir biaya perjalanan karena tidak harus pulang pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendaftar dan mengurus registrasi lainnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved