Buah Dan Sayuran yang Wajib Dijauhi Saat Diet

Tanggal: 24 Jul 2018 13:31 wib.
Tampang.com - Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal yang bagus kadang kita melakukan apapun demi hasil yang kita inginkan dan tampil sempurna.  Melakukan diet ketan karbohidrat salah satunya. Dengan diet karbohidat biasanya kita beralih ke vegetarian. Namun apa jadinya kalau kita salah dalam mengkonsumsi vegetarian tersebut?.

Nah untuk menjalankan program diet tersebut, kita perlu memerhatikan asupan makanan harian  kita, termasuk buah dan sayur. Dimana sejumlah sayur dan buah ini mengandung karbohidrat sangat tinggi, padahal batas jumlah asupan karbohidrat yang boleh dikonsumsi selama diet hanya sekitar 20 hingga 100 gram saja per harinya.

Untuk menyukseskan program diet Anda, berikut berbagai buah dan sayur yang perlu Anda kurangi dan batasi dalam menu diet rendah karbohidrat Anda setiap harinya.

1. Buah-buahan kering



Jenis buah sangat tinggi karbohidratnya, satu cangkir kismis atau setara dengan 190 gram,misalnya, mengandung 110 gram karbohidrat. Selain itu, aprikot kering mengandung 72 gram karbohidrat sedangkan aprikot segar hanya mengandung sekitar 15 gram saja. Dalam buah kering ditambahkan gula selama proses pembuatannya sehingga meningkatkan jumlah karbohidrat dalam tubuh.

2. Mangga



Mangga termasuk buah-buahan tropis yang memiliki kandungan gula alami cukup tinggi. Gula merupakan salah satu karbohidrat sederhana yang nantinya dipecah menjadi gula darah. Hal ini dikarenakan satu buah mangga mengandung sekitar 46 gram karbohidrat. Jumlah ini tergolong tinggi untuk dikonsumsi yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat.

3. Pisang



Pisang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan tertinggi pisang yaitu kalium yang membantu menjaga fungsi otot dan sistem pencernaan. Karena dalam pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, satu buah pisang seberat 126 gram mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Maka perlu kita perhatikan porsi makannya atau mengkonsumsinya.

4. Apel



Apel termasuk buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, memakan apel beserta kulitnya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menghindarkan dari sembelit. Apel juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yakni sekitar 25 gram. Untuk itu, usahakan untuk membatasi porsinya karena jika terlalu banyak justru dapat menaikkan kadar karbohidrat dalam menu diet harian.

5. Kentang



Kentang merupakan sayuran yang mengandung karbohidrat cukup tinggi yakni sekitar 59 gram. Jumlah ini terdiri dari 5 gram karbohidrat yang berasal dari serat dan tidak terurai menjadi gula dan 54 gram lainnya yang akan dicerna menjadi gula. Oleh karena itu, sebaiknya batasi hidangan kentang dalam menu diet kita karena sayuran yang satu ini tanpa disadari bisa meningkatkan asupan karbohidrat harian kita. Asal kita tahu cara mengolah dan mengkonsumsinya maka kentang bisa digunaka juga.

6. Ubi jalar



Masih satu keluarga dengan kentang, Ubi termasuk sumber sayuran kaya karbohidrat lainnya. Satu buah ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 24 gram karbohidrat dengan 4 gram di antaranya berasal dari serat.

Dibandingkan dengan kentang, ubi jalar memang memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah sehingga indeks glikemiknya pun tergolong lebih rendah. Namun, tetap saja sayuran yang satu perlu kita batasi porsinya jika ingin dimasukkan dalam rencana menu diet kita. Maka disarankan perhatikan cara memasak dan mengkonsusi yang benar.

7. Jagung manis



Jagung manis termasuk ke dalam jenis biji-bijian utuh yang masuk ke dalam golongan sayuran bertepung. Disebut sebagai sayuran bertepung karena kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi sehingga memiliki kadar indeks glikemik yang juga tinggi. Jagung manis kaya akan vitamin C, magnesium, vitamin B, dan karotenoid.

Sebenarnya sayur dan buah ini bukan untuk di jauhin namuan untuk mengkonsumsi sayur dan buah diatas disarankan untuk mengetahui cara mengkonsumsinya dan membatasi dalam mengkonsumsi makanan tersebut, so selamat mencoba ya guys.
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved