Sumber foto: Google

Bisakah Bubuk Super Berwarna Hijau Cerah Benar-Benar Membuat Anda Sehat?

Tanggal: 16 Mar 2024 05:34 wib.
Perusahaan yang menjual suplemen super hijau mengklaim hanya satu sendok bubuk ajaib mereka, yang dicampur dengan air, yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Banyak yang menjanjikan banyak manfaat potensial, seperti rambut dan kuku yang lebih kuat, peningkatan energi, dan penurunan kembung.

Kemasannya yang bersih dan sering kali berwarna hijau mengiklankan daftar bahan-bahan seperti pra dan probiotik, antioksidan, dan vitamin. Namun para ahli mengatakan kepada BBC bahwa ada cara yang lebih mudah dan murah untuk memasukkan nutrisi ini ke dalam makanan kita.

Tamsin Hill, ahli diet terdaftar di NHS, mengatakan dia pertama kali menemukan produk tersebut melalui iklan media sosial yang ditargetkan dan, karena pekerjaannya, dia mencari tahu apa yang ditawarkan produk tersebut. Dia mengamati pemimpin pasar, Athletic Greens, yang terakhir bernilai £945 juta ($1,2 miliar), dan mengklaim bahwa mengonsumsi bubuk makanan super AG1 membuat pengguna merasa lebih energik, memiliki kulit lebih bersih, dan mengurangi nafsu makan.

"Saya melihat bahan-bahan di belakang kemasannya dan berpikir bahwa bahan-bahan tersebut tidak akan meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan," katanya 

Perusahaan lain, Rheal Superfoods, yang tampil di program BBC Dragon's Den pada tahun 2021, mengklaim campuran sayuran super hariannya mendukung kesehatan pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan "kesehatan secara keseluruhan dari dalam". Campuran FS Greens dari Free Soul juga membuat klaim serupa, menjanjikan dukungan pencernaan dan kekebalan melalui bahan-bahan utama seperti ashwagandha, kiwi emas, dan maca.

Juru bicara Athletic Greens mengatakan kepada BBC: "Tim ilmuwan dan peneliti kami telah meninjau ribuan penelitian sebagai bagian dari formulasi dan proses perbaikan berkelanjutan untuk AG1." Tim Free Soul juga memberi tahu kami bahwa produk mereka "mengandung bahan-bahan yang dipelajari secara klinis dan dipatenkan".

Rheal Superfoods, yang juga dihubungi BBC, tidak membuat klaim ilmiah apa pun dalam pemasaran online-nya. Produk-produk ini juga telah disetujui untuk dijual di Inggris oleh Food Standards Association, regulator yang memantau keamanan pangan.


Mempermainkan kekhawatiran kesehatan kita


Miss Hill mengatakan bahwa menganalisis ketiga produk ini secara khusus: "Jika kita melihat penelitiannya, klaim ini tidak didukung oleh bukti ilmiah dan bukti yang kami miliki memiliki kualitas yang sangat buruk."

Dia menambahkan: "Sangat sedikit orang yang terlibat dalam penelitian ini dan banyak dari mereka hanya berada dalam cawan petri, jadi tidak bisa diandalkan."


Pola makan nabati baik untuk jantung
Diet cair: Apakah berhasil dan aman?
Sarapan lebih besar lebih baik untuk mengendalikan nafsu makan


Miss Hill mengatakan dia merasa bahwa produk-produk ini, yang dianggap sebagai produk ultra-olahan karena proses pembuatannya rumit, "mempermainkan kekhawatiran kesehatan kita". Ia mengatakan berdasarkan pengalamannya sebagai ahli diet bahwa “generasi muda menjadi semakin sadar akan kesehatan” namun ia khawatir “orang-orang disesatkan untuk mengeluarkan uang demi manfaat kesehatan yang dianggap sebenarnya tidak ada”.

Ahli gizi dan penulis terdaftar Jenna Hope mengatakan menurutnya produk super ramah lingkungan pada awalnya memiliki daya tarik khusus, namun mengatakan banyaknya produk yang tersedia di pasar "menunjukkan bahwa orang-orang membelinya".

Sebuah perkiraan industri menunjukkan bahwa pasar bubuk ramah lingkungan akan berlipat ganda dari £220 juta pada tahun 2023 menjadi hampir £395 juta pada tahun 2030.

"Ada banyak informasi yang menyesatkan - merek-merek ini membuat Anda berpikir bahwa Anda memerlukan produk-produk ini agar sehat dan mendukung fungsi kognitif, kesehatan usus, energi, dan tidur Anda," kata Hope kepada BBC.

“Tetapi sebenarnya kita tahu bahwa jika Anda fokus pada pola makan yang sehat dan seimbang, Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut juga dan tidak perlu mengonsumsi bubuk elite green tersebut,” tambahnya.


Ini adalah anggaran mingguan sebuah toko makanan


Harga suplemen bubuk super hijau bervariasi, tetapi biayanya sekitar £1 hingga £4 per hari tergantung mana yang Anda pilih. 

“Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi anggaran mingguan sebuah toko makanan,” kata Ms Hope.

“Jadi jika kita fokus pada konsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, bahkan makanan seperti bayam beku, sayuran hijau, kacang-kacangan dan kacang-kacangan seperti lentil dan biji-bijian, itu akan sangat terjangkau,” tambahnya. Ms Hope menekankan bahwa mengurangi asupan gula rafinasi, pemanis buatan, dan makanan ultra-olahan akan memberikan efek yang sangat positif pada kesehatan Anda. 


Sebenarnya tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua


Miss Hill mengatakan bahwa meskipun suplemen ini mungkin tidak didukung oleh ilmu pengetahuan yang mendukung klaimnya, "suplemen ini tidak berbahaya, sehingga orang dapat mencobanya jika mereka mau". 

Ada juga aspek lain yang Ms Hope pertimbangkan, bahwa "bagi sebagian orang, mereka dapat menempatkan Anda dalam pola pikir yang sehat".

“Jadi jika Anda memulai hari dengan sayuran ini, Anda mungkin merasa lebih percaya diri untuk membuat pilihan yang lebih sehat di kemudian hari, meskipun hal tersebut belum tentu membuat Anda lebih sehat,” tambahnya.

Ms Hope juga menganggap bahwa bagi orang-orang yang mungkin kekurangan waktu, mungkin ada manfaatnya.

“Sebenarnya tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua – jika Anda mengambil seseorang dengan pekerjaan yang sangat menegangkan, ini bisa membantu mereka mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup,” tambahnya. Dia mengatakan mereka juga dapat membantu orang-orang dengan pembatasan diet yang mencegah mereka mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran.

Tips untuk diet sehat

Nichola Ludlam-Raine, yang mewakili British Dietetic Association, mengatakan "makanan utuh harus selalu menjadi pilihan nutrisi pertama".

“Suplemen hijau tentu saja tidak diperlukan untuk kesehatan atau pola makan yang sehat, dan sebagai tambahan, suplemen tersebut tidak diperhitungkan dalam asupan lima kali sehari Anda,” tambahnya.

Dia merekomendasikan agar masyarakat fokus mengonsumsi 30 makanan nabati yang berbeda dalam seminggu, seperti biji-bijian, untuk meningkatkan asupan serat dan menambahkan bahwa siapa pun yang ingin mengonsumsi suplemen ramah lingkungan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli diet atau ahli gizi terdaftar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved