Sumber foto: Goggle

Berbahaya Bagi Tubuh Bila Dikonsumsi,Ini Daftar Ikan yang Punya Kandungan Merkuri Tinggi

Tanggal: 26 Jul 2024 11:59 wib.
Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam ikan juga rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi siapa saja. Bahkan, ahli gizi merekomendasikan ikan sebagai pelengkap gizi dan protein dalam tubuh. Nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Mengonsumsi ikan bagus untuk membentuk otot, tulang, kesehatan kulit, otak, hingga organ tubuh. Beberapa jenis ikan memiliki kandungan omega-3 dan asam lemak tinggi yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan mental, kesehatan jantung, serta mencegah kanker. Ikan juga merupakan sumber makanan terbaik yang kaya akan vitamin D.

Namun, sebelum Anda mengonsumsi ikan, ada baiknya untuk mengetahui informasi berikut ini. Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA), dan Environmental Protection Agency (EPA) melaporkan bahwa ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri, zat beracun yang berpotensi berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Risiko keracunan merkuri dapat terjadi, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa merkuri memiliki efek buruk pada otak yang sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

FDA dan EPA menyarankan agar wanita usia subur mulai dari 16 tahun hingga 49 tahun membatasi konsumsi ikan bermerkuri. Bagi ibu hamil dan menyusui, disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi ikan dengan tingkat merkuri rendah dalam seminggu, sedangkan untuk ikan dengan tingkat merkuri tinggi, cukup sekali dalam seminggu. Sementara anak-anak berusia dua tahun ke bawah bisa mengonsumsi hingga dua porsi ikan per minggu. Untuk menghindari kesalahan dalam konsumsi jenis ikan, disarankan untuk memeriksa daftar ikan dan kadar merkuri yang disarankan oleh FDA.

Berikut adalah daftar beberapa jenis ikan yang memiliki tingkat merkuri rendah, sedang, dan tinggi:

 Daftar Ikan dengan Tingkat Merkuri Rendah
- Perch air tawar
- Skate
- Skipjack Tuna (canned light)
- American and Spiny Lobster
- Jacksmelt
- Boston atau Chub Mackarel
- Trout
- Cumi-cumi
- Kepiting
- Kerang
- Ikan lele
- Teri
- Sarden
- Salmon
- Tiram
- Nila

- Tuna (semua jenis kecuali bigeye dan cakalang)

- Kerapu
- Kakap
- Monkfish

- Ikan todak
- Tilefish (ikan dari teluk Meksiko)
- Hiu
- Marlin
- Tuna Bigeye
- Ikan Buntal

Memahami daftar ini akan membantu Anda dalam memilih jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Selalu perhatikan asupan ikan Anda agar tidak melebihi batas yang disarankan untuk menghindari risiko keracunan merkuri.

Terlepas dari manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi ikan, penting untuk memahami bahwa tidak semua jenis ikan aman dikonsumsi oleh semua orang. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai jenis ikan dan kadar merkuri yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk diperhatikan. Selalu pastikan untuk memilih ikan dengan kadar merkuri yang rendah atau sedang untuk menghindari risiko berbahaya bagi kesehatan tubuh.
_
Copyright © Tampang.com
All rights reserved