Bentar lagi Puasa..Yuk Kurangi Bau Mulut kita yang Bikin Kurang Nyaman

Tanggal: 30 Apr 2017 22:37 wib.
Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Ramdhan, bulan suci yang mewajibkan umat islam untuk melakukan ibadah puasa. Selama melaksanakan ibadah puasa, kita sering mengalami masalah bau mulut yang terkadang bikin kita nggak pede. Apalagi ketika sedang berpuasa kita masih harus melakukan komunikasi dengan rekan-rekan kerja di kantor mulai ngobrol, rapat atau presentasi kerja yang menyebabkan bau mulut kita jadi mudah tercium oleh orang lain.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengurangi bau mulut selama berpuasa, menggunakan penyemprot mulut yang menimbulkan aroma yang harum sering dilakukan, padahal ini bisa menyebabkan pahala puasa kita menjadi berkurang karena ada beberapa ulama yang berpendapat puasa kita menjadi makruh.

Ada baiknya kita mencoba beberapa tips agar mengurangi bau mulut kita saat kita sedang berpuasa disela-sela kesibukan kita yang padat.

1. Usahakan jangan makan makanan yang dapat menimbulkan bau tak sedap saat sahur. Jengkol, petai dan ikan dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Pada ikan selain aroma amis yang susah hilang, rasa mual juga kadang dirasakan. Ini dikhawatirkan malah mengganggu puasa yang sedang dijalankan.



2. Banyak konsumsi air putih, terutama saat berbuka dan sahur. Ini bertujuan agar badan tetap segar dan air putih bisa membawa bakteri yang menyebabkan bau mulut mmenjadi terbuang. Selain itu dengan konsumsi banyak air putih dapat menghindarkan kita dari dehidrasi.



3. Usahakan minum obat magh sebelum sahur. Ini bertujuan selain menjaga kondisi lambung tetap sehat walaupun tanpa ada makanan yang masuk saat puasa, juga mencegah asam lambung naik saat puasa dan menimbulkan bau kurang sedap ketika kita sendawa.



4. Sikat gigi dengan rutin, saat berbuka terutama setelah sahur. Gigi dan nafas yang sehat dan segar setelah menyikat gigi dapat mengurangi bau mulut saat berpuasa.



5. Berkumur, hati-hati saat berkumur ketika wudhu, air yang masuk ke rongga tenggorokan akan menyebabkan batalnya puasa kita. Dengan sering berkumur, nafas kita bisa menjadi segar kembali.



6. Usahakan banyak konsumsi buah dan sayur yang tanpa santan atau lemak. Dengan konsumsi buah, akan memberikan rasa yang nikmat dan segar pada mulut serta membantu tubuh untuk menyerap vitamin lebih banyak. sayur tanpa santan atau lemak, menghindari kita dari aroma dan rasa yang seolah masih melekat di mulut. 



Dengan niat yang suci dan disiplin selama berpuasa, tubuh kita akan selalu sehat dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa di tengah kesibukan sehari-hari. Dan bau mulut yang menjadi masalah tersendiri selama berpuasa bisa kita atasi tanpa mengurangi pahala dari puasa itu sendiri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved