Bahan Alami yang Aman Atasi Telat Datang Bulan

Tanggal: 30 Mei 2018 15:01 wib.
Tampang.com - Periode menstruasi pada setiap wanita pastinya berbeda-beda, ada yang selalu tepat saat waktunya tiba dan banyak juga yang sering terlambat datang bulan. Telat datang bulan seringkali membuat wanita kebingungan. Bukan karena kehamilan saja namun telat datang bulan memang sering terjadi dan memiliki nama medis oligpmenorrhea. Biasanya para wanita memiliki 11 hingga 13 kali masa datang bulan per tahun dengan oligomenorrhea yang terjadi sebanyak 6-7 kali.

Banyak faktor penyebab telat datang bulan antara lain berat badan yang menurun atau kenaikan berat badan yang signifikan, menyusui, kehamilan, keguguran, persalinan, stres, mengonsumsi alkohol, ketidakseimbangan hormon, anemia, dll.

Jika sering mengalami telat datang bulan maka ada cara yang aman untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih menyehatkan dari pada bahan kimia. Berikut cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu hingga 3 minggu.



1. Jus wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang kaya akan zat besi dan mampu mengatur fungsi hormonal dengan tepat.

2. Jahe

Jahe dapat meningkatkan aliran darah, minumlah air rebusan jahe yang ditambah dengan sedikit gula atau madu untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

3. Kayu manis

Kayu manis memiliki efek menghangatkan yang mampu mengatasi telat datang bulan. Kandungan hydroxychalcone dalam kayu manis mampu mengatur kadar insulin.

4. Pare

Walaupun rasanya pahit tapi ternyata pare sangat ampuh untuk mengatasi telat datang bulan.

5. Anggur

Mengonsumsi anggur secara rutin mampu mengatasi masalah telat datang bulan.



6. Pepaya mentah

Pepaya mentah ampuh mengatasi telat datang bulan karena akan mengontraksi otot rahim yang kemudian berfungsi menginduksi menstruasi.

7. Kunyit

Minumlah air rebusan kunyit yang sangat bermanfaat mengatur ketidakseimbangan hormondan juga siklus menstruasi. Kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi dan antispasmodic yang mampu mengatasi kram.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved