Bagian Tubuh Ayam yang Ternyata Kurang Baik untuk Dikonsumsi

Tanggal: 15 Mei 2018 15:54 wib.
Bagian Tubuh Ayam Yang Ternyata  Kurang Baik Untuk  Dikonsumsi

 

Daging ayam adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Daging ayam digemari banyak orang karena harganya terjangkau, rasanya lezat dan mudah diolah menjadi banyak jenis makanan dan mudah diterima oleh lidah banyak orang.

Selain itu, hampir semua bagian tubuh ayam bisa diolah menjadi makanan. Tetapi Anda patut mewaspadai jika mengonsumsi beberapa bagian tubuh ayam berikut ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Berikut penjelasannya.

 

1. Sayap

Ada banyak orang yang suka bagian sayap karena rasanya memang lezat.

Tetapi, ternyata bagian tubuh ayam yang satu ini berbahaya jika dikonsumsi. Karena, bagian sayap merupakan tempat disuntikan hormon yang mempercepat pertumbuhan ayam. Obat suntikan tersebut kemungkinan masih mengendap di sayapnya sehingga bisa menyebabkan tumor bagi yang mengonsumsi bagian ini.

 

2. Kulit

Saat ini sudah banyak bermunculan olahan makanan lezat berbahan dasar kulit ayam seperti, dijadikan sate, digoreng krispi, dan diberi berbagai toping. Sehingga makanan ini mulai disukai oleh banyak orang. Tapi ternyata, hasil penelitian menemukan bahwa kebanyakan antibiotik, hormon, dan racun yang larut dalam lemak terdapat pada kulit hewan termasuk ayam. Karenanya, racun yang larut dalam lemak pada kulit ayam dapat mengakibatkan kerusakan hati jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

 

3. Kepala

Semakin tua umur seekor ayam semakin  banyak pula racun yang tertimbun di kepala ayam. Setiap harinya ayam mengkonsumsi berbagai makanan termasuk yang mengandung zat kimia berbahaya atau mengandung logam berat. Semakin lama zat berbahaya ini makin menumpuk dan berakibat buruk pada manusia ketika dikonsumsi.

 

4. Leher

Dalam leher ayam terdapat organ sistem kekebalan ayam yang banyak mengandung bakteri dan kuman penyakit. Inilah yang membuat leher ayam kurang baik jika dikonsumsi.

 

5. Brutu

Kebanyakan orang yang menyukai bagian ini dikarenakan bagian ini dirasa lebih berlemak sehingga terasa lebih lezat. Padahal, bagian ayam yang satu ini merupakan tempat keluarnya kotoran. Di dalam brutu terdapat kelenjar getah bening yang dapat menelan bakteri dan virus. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi bagian ini, karena sebagai tempat keluarnya kotoran, brutu juga mengandung virus dan bakteri yang tidak baik bagi tubuh.

 

Nah, jika sudah tau bagian tubuh ayam mana saja yang berbahaya jika dikonsumsi maka sebaiknya hindarilah bagian-bagian tersebut ya. Enak tapi jika tidak sehat justru akan berbahaya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved