Awas! Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Tuli

Tanggal: 18 Mar 2018 21:45 wib.
Tampang.com - Merokok dikenal berbahaya bagi kesehatan. Bahaya yang biasa dikenal adalah risiko kanker, penyakit jantung, gangguan janin, dan yang lainnya. Selain dari beberapa risiko tersebut, ternyata muncul bahaya baru akibat merokok.

Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa merokok terbukti meningkatkan risiko hilangnya pendengaran kita alias tuli.

Dikutip dari laman WebMD, penelitian tersebut didapat setelah menganalisis data kesehatan selama 8 tahun terhadap lebih dari 50.000 orang Jepang.

Setelah menganalisis dan menghitung paparan rokok dan faktor risiko kehilangan pendengaran, para peneliti menemukan bahwa perokok 1,2 sampai 1,6 kali lebih mungkin menderita tuli daripada orang-orang yang tidak pernah merokok.

"Dengan ukuran sampel yang besar, masa tindak lanjut yang panjang dan penilaian obyektif, penelitian kami memberikan bukti kuat bahwa merokok bisa jadi faktor risiko gangguan pendengaran," kata pemimpin penelitian Dr. Huanhuan Hu, dari Pusat Nasional untuk Kesehatan dan Kedokteran Global, di Jepang.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nicotine & Tobacco Research ini juga melaporkan, merokok adalah faktor penyebab kehilangan pendengaran, dan menekankan perlunya kebijakan terkait pengendalian tembakau untuk mencegah gangguan pendengaran, Hu menambahkan dalam sebuah rilis pers.

Studi tersebut memang tidak bisa membuktikan bahwa merokok menjadi penyebab hilangnya pendengaran. Studi hanya menunjukkan ketertaitan antara merokok dengan meningkatnya risiko.

Semakin sering seseorang merokok, semakin besar risiko kehilangan pendengaran frekuensi tingggi maupun rendah.

Namun, peningkatan risiko tuli terkait merokok akan menurun dalam lima tahun setelah individu berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Para peneliti pun memasukkan temuan ini ke dalam studi mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved