Anda Pecinta Kopi? Benarkah Minum Kopi Bikin Sulit Hamil?

Tanggal: 9 Jan 2018 14:06 wib.
Tampang.com – Banyak yang mengatakan bahwa wanita yang menyukai minum kopi sangat rentan untuk sulit hamil. Benarkah ? Bisa saja dengan banyak minum kopi, kesuburan wanita akan terpengaruh karena kandungan kafein yang dikonsumsi berlebihan.

Disana memang ada yang mengatakan mengonsumsi kopi akan menyebabkan sulit hamil, namun ada juga yang mengatakan bahwa hal itu tidak benar.

Temuan yang menyatakan bahwa hubungan asupan kafein berlebih dapat memengaruhi kesuburan dimuat di British Journal of Pharmacology. Penelitian pada tikus menunjukan kafein berlebihan menghambat kontraksi di tuba falopi yang dibutuhkan untuk membawa sel telur ke Rahim.

“Temuan ini memberikan penjelasan menarik kenapa wanita yang mengonsumsi kafein berlebihan seringkali butuh waktu lebih lama untuk hamil disbanding wanita yan tidak mengonsumsi kafein,” jelas Sean Ward.

Namun , meskipun telah terdapat penelitian yang menyebutkan seperti itu. Para peneliti hingga kini belum menemukan hubungan konsumsi asupan kafein sedang terhadap masalah kesuburan pada wanita. Batas aman mengkonsumsi kafein adalah di angka 200 – 300 mg kafein per hari.

“Minum satu cangkir kopi sehari itu tak masalah,” kata dokter spesialis New York-Presbyterian Hospital/Weill Cornell Medicine, Alexis Melnick seperti mengutip laman Brides.

Tidak hanya kopi yang ternyata mengandung banyak kafein, selain itu terdapat pula minuman yang mengandung kafein yaitu the,cokelat,es krim kopi, dan minuman berenergi. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved