Anda Kesulitan Tidur Saat Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

Tanggal: 6 Jun 2018 15:53 wib.
Setiap orang tentu saja ingin menikmati waktu tidurnya dengan nyaman. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit orang mengalami gangguan ketika hendak tidur. Bisa jadi karena terlalu banyak pikiran, udara kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin, ataupun karena kondisi fisik serta emosi yang tidak stabil. Berikut penyebab yang mengakibatkan susah tidur saat malam hari.

Otot kram

Sebagian orang yang kesulitan tidur saat malam hari diakibatkan oleh kondisi otot kaki atau betis kram saat malam hari. Hal ini biasanya terjadi karena kelelahan, banyak pikiran, dan konsumsi obat serta mereka yang kolesterol.

Asma nocturnal

Asma yang terjadi pada malam hari disebut asma nocturnal. Keadaan ini yang mengakibatkan orang susah menikmati waktu tidurnya saat malam hari.

Kondisi jantung yang tidak stabil

Terkadang ada orang yang tiba-tiba terbangun dari tidurnya saat malam hari karena kondisi jantung yang tidak stabil dan membuat pernapasan terengah-rengah. Nah, jika mengalami hal ini, segera konsultasi ke dokter untuk mencari tahu lebih lanjut serta cara mengobatinya dengan benar.

Apnea tidur

Apnea tidur merupakan kondisi dimana Anda mengalami kesulitan bernapas saat sedang tidur. Akibatnya waktu tidur Anda pun terganggun. Biasanya hal ini terjadi bagi mereka yang memiliki berat badan berlebihan, perokok aktif, serta kurang minum air.

Sakit punggung

Sakit punggung kadang tidak memandang usia, meski biasanya terjadi pada orangtua namun tidak tertutup kemungkinan juga terjadi pada Anda yang masih berusia muda. Penyebabnya pun bisa karena kelelahan atau pun kondisi kasur yang sudah tidak layak lagi.

Asam lambung

Asam lambung juga dapat sebabkan Anda tidak bisa menikmati kualitas tidur Anda.

Obat-obatan

Sebagian obat-obatan  memiliki efek samping dimana dapat mengakibatkan seseorang susah tidur saat malam hari. Untuk itu, jika terpaksa meminum obat terlebih dahulu Anda cari tahu efek samping dan apakah cocok untuk tubuh Anda.

Hormone

Saat Anda mengalami penurunan hormone juga dapat sebabkan Anda susah tidur saat malam hari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved