8 Makanan yang Membuat Jerawat Betah di Wajah Meskipun Sudah Lakukan Perawatan

Tanggal: 27 Mar 2018 06:08 wib.
Siapa yang tidak kesal jika memiliki kulit berjerawat? Masalah kulit yang satu ini sering membuat kita tidak percaya diri. Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah.

Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya. Ternyata makanan yang kamu konsumsi juga sangat mempengaruhi berhasil tidaknya perawatan yang kamu lakukan. Berikut 8 jenis makanan yang dapat sebabkan jerawat betah di wajahmu:

1. Susu dan Produk Turunannya

Banyak penelitian yang menghubungkan susu serta segala jenis makanan yang terbuat dari susu dengankeparahan jerawat pada remaja. Produk turunan susu termasuk keju, es krim, dan bahkan saus berbahan dasar krim.

Pasalnya, konsumsi susu maupun produk olahannya dipercaya bisa meningkatkan jumlah hormon insulin dalam darah yang kemudian berpotensi memperparah kondisi jerawat.

2. Gula Rafinasi

Gula rafinasi adalah gula mentah yang diproses agar menghasilkan tingkat kemurnian yang lebih tinggi, contohnya sukrosa dalam minuman bersoda. Warna gula ini lebih putih dibandingkan dengan gula pasir kebanyakan.

Gula jenis ini tidak baik dikonsumsi oleh manusia karena sangat cepat diserap tubuh, sehingga menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Tingginya kadar gula darah secara langsung akan meningkatkan kadar hormon insulin.

Gula rafinasi umumnya digunakan oleh pabrik makanan dan minuman dalam mengolah produk mereka. Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi gula ini memiliki risiko lebih tinggi untuk berjerawat.

3. Gandum Rafinasi

Berbeda dengan gandum utuh, gandum rafinasi telah diolah dan akan kehilangan sebagian besar nutrisinya. Begitu banyak makanan yang terbuat dari gandum ini, contohnya pasta, nasi, bihun, roti, maupun kue.

Umumnya, orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak gandum rafinasi. Tubuh pun akan lebih cepat menyerap karbohidrat dari gandum jenis ini. Akibatnya, kadar gula darah akan meningkat.

Peningkatan kadar gula dalam darah kemudian akan memicu kenaikan hormon insulin. Meningkatnya kadar hormon ini di dalam tubuh diduga dapat meningkatkan aktivitas hormon androgen, produksi sebum, serta memperparah kondisi jerawat.

4. Makanan Siap Saji (Fast Food)

Penelitian tertentu mengemukakan bahwa sering menyantap makanan siap saji kemungkinan berdampak pada meningkatnya risiko kemunculan jerawat. Contoh makanan siap saji ini meliputi kentang goreng, burger, nugget, maupun milkshake.

5. Cokelat

Cokelat yang beredar di pasaran ternyata masuk juga sebagai salah satu makanan penyebab jerawat yang patut kamu batasi konsumsinya.

Orang yang lebih kerap mengonsumsi cokelat memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kemunculan jerawat. Hal ini dikaitkan juga dengan kadar gula dalam cokelat yang disinyalir menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada kulit.

Suatu penelitian mengemukakan bahwa makanan lezat ini dapat meningkatkan reaksi sistem imun tubuh untuk menghasilkan substansi interleukin, yang juga menstimulasi bakteri penyebab jerawat. Akibatnya, peradangan yang memicu kemunculan dan keparahan jerawat pun akan terjadi.

6. Gorengan

Pada sebagian orang, bahaya makan gorengan ternyata dapat berdampak buruk bagi kulitnya. Gorengan mengandung minyak yang tinggi dan termasuk ke dalam salah satu makanan dengan indeks glikemik yang cukup tinggi.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 71% responden mengalami jerawat yang semakin parah setelah terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak.

7. Kopi

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi ternyata dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat. Meskipun masih banyak diperdebatkan di dunia medis, tidak ada salahnya jika kamu membatasi konsumsi minuman ini.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu siklus tidur normal Anda, terjaga di malam hari hingga mengalami insomnia. Ditambah lagi, konsumsi kafein menyebabkan tubuh menjadi lebih peka dalam merespon stres.

Stres dapat memicu peningkatan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon ini akan memengaruhi produksi sebum oleh kelenjar minyak pada kulit dan memperburuk kondisi kulit berjerawat kamu.

8. Makanan Pedas

Tak hanya gorengan, makanan pedas juga mungkin memicu timbulnya jerawat pada sebagian orang. Mengapa demikian? Sebenarnya, makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Namun, beberapa orang bisa sensitif terhadap makanan ini.

Bagi kamu yang sensitif dan merasa saat mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan jerawatmu bertambah parah. Segera kurangi konsumsi makanan jenis ini ya!

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved