8 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Jadi Penyebab Berat Badan Naik

Tanggal: 7 Jul 2024 14:56 wib.
Memperhatikan berat badan memang tidak hanya masalah penampilan, tetapi juga kesehatan tubuh. Jika berat badan Anda naik turun tanpa alasan yang jelas, mungkin ada kebiasaan sehari-hari yang tidak Anda sadari bisa menjadi penyebabnya.

Perubahan berat badan yang signifikan dapat memengaruhi kesehatan dan juga kepercayaan diri seseorang. Banyak kebiasaan sehari-hari tanpa disadari yang berulangkali dilakukan dapat mengakibatkan kelebihan berat badan.

Beberapa kebiasaan yang mungkin menjadi penyebab naiknya berat badan tanpa disadari di antaranya adalah:

1. Makan Tanpa Sadar

Ketika sedang asyik menonton TV, sering kali kita melupakan jumlah makanan yang telah dikonsumsi. Makan sambil menonton TV dapat membuat pola makan tidak terkontrol, karena kita cenderung makan lebih banyak tanpa disadari. Untuk menghindari kebiasaan ini, sebaiknya olahraga ringan dilakukan saat menonton TV atau membatasi camilan yang akan dihidangkan selama menonton.

2. Kurang Tidur karena Kebiasaan Tidur Malam

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormone dan metabolisme tubuh. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon nafsu makan (ghrelin) dan menurunkan hormon yang membuat kita kenyang (leptin), sehingga membuat kita lebih lapar. Selain itu, kurang tidur juga dapat memengaruhi produksi hormone kortisol yang dapat merangsang selera makan dan mempengaruhi metabolisme lemak.

3. Kebiasaan Konsumsi Makanan Manis setelah Makan Malam

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis setelah makan malam, seperti kue atau minuman bersoda, bisa membuat asupan kalori harian menjadi lebih tinggi. Pilihan yang lebih baik adalah minum teh hangat tanpa gula atau makan buah-buahan segar sebagai pencuci mulut.

4. Membiarkan Tubuh Kelaparan

Ketika tubuh terlalu lapar, kita cenderung makan apa saja yang tersedia tanpa memperhatikan kualitas makanan. Untuk menghindari kebiasaan ini, sebaiknya tetap menjaga pola makan yang teratur dengan mengonsumsi makanan seperti sandwich, dada ayam panggang, buah segar, wortel mentah, dan kacang-kacangan untuk mengganjal perut.

5. Terbiasa Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis seperti soft drink, bir, dan minuman beralkohol mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Konsumsi minuman ini secara rutin dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

6. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lambat dan meningkatkan keinginan untuk makan berlebihan pada waktu selanjutnya. Sebaiknya, jangan lewatkan sarapan dan konsumsi buah segar serta sereal gandum untuk menjaga asupan gizi harian.

7. Tidak Mengatur Porsi Makan

Mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan porsi dapat mengakibatkan asupan kalori yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan. Mengatur porsi makan dengan porsi yang seimbang antara nasi, sayur, dan lauk adalah salah satu cara untuk mengendalikan berat badan.

8. Bingung Membedakan Bebas Lemak dengan Bebas Kalori

Penting untuk memeriksa label makanan dan camilan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dianggap "sehat" sebenarnya mengandung kalori tinggi yang dapat menyebabkan penumpukan lemak jika dikonsumsi secara berlebihan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved