7 Kesalahan Utama dalam Merawat Gigi

Tanggal: 23 Sep 2017 20:05 wib.
Kita semua menyikat gigi setidaknya satu atau dua kali sehari. Sebenarnya, menyikat gigi hanya di pagi hari dan di sore hari jauh dari cukup untuk senyum yang sempurna.

Berikut adalah 7 kesalahan utama yang kita lakukan saat menyikat gigi.

1. Menekan sikat gigi terlalu keras saat menggosok gigi.

Saat kita menekan sikat gigi terlalu keras, bulu-bulu sikat tidak menghilangkan kotoran di gigi dengan benar. Selain itu, bisa menyebabkan kerusakan gusi.

2. Kita tidak memperhatikan makanan yang kita makan.

Kita semua tahu bahwa makan terlalu banyak hal manis bisa menyebabkan gigi berlubang. Namun, untuk menjaga kesehatan gigi kita, kita perlu makan makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan fluorin. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

Makanan yang mengandung kalsium: produk susu, kulit buah dan sayuran, ikan, kacang polong

Makanan yang mengandung fosfor: ikan, sereal, kacang-kacangan

Makanan yang mengandung fluorin,: susu, garam

3. Tidak menggunakan obat kumur.

Untuk memusnahkan bakteri, bilas mulut dengan obat kumur.

4. Tidak merawat gusi.

Jika gusi Anda lemah dan tidak memiliki cukup suplai darah, itu bisa menyebabkan periodontitis. Dengan penyakit ini, gusi Anda berdarah, menjadi meradang dan Anda bisa kehilangan gigi Anda.

Untuk membuat gusi Anda lebih kuat, Anda perlu memijatnya dengan sikat gigi atau jari Anda dengan gerakan melingkar. Makan makanan padat, dan kunyah sampai benar-benar lembut. Jika gusi Anda cenderung berdarah, kunjungi dokter gigi. Dia akan meresepkan obat spesifik untuk memperkuat gusi Anda.

5. Berpikir terlalu tua untuk memakai kawat gigi.

Banyak orang berpikir mereka bisa membuat gigi mereka lurus hanya selama remaja mereka. Saat mereka dewasa, mereka pikir sudah terlambat memakai kawat gigi. Tapi itu salah. Senyum yang indah bahkan bukan alasan utama untuk menjalani perawatan. Jika Anda memiliki masalah gigi tersumbat, bisa menyebabkan rongga dan pembusukan.

Jika Anda merasa malu memakai kawat gigi biasa, Anda selalu bisa memilih kawat gigi lingual yang tak terlihat yang diletakkan di sisi belakang gigi. Jangan ragu untuk membuat janji dengan seorang ortodontis.

6. Kita mengunyah hanya di satu sisi mulut kita.

Mengunyah memiliki sifat pembersihan diri. Jadi jika Anda mengunyah makanan hanya di satu sisi mulut Anda, itu bisa menyebabkan rongga dan pembusukan di sisi yang biasanya tidak Anda gunakan.

Selain itu, mengunyah makanan di satu sisi mulut menyebabkan otot-otot tebal dan kuat di sisi itu. Otot di setiap sisi wajah akan menjadi asimetris. Akhirnya, hal itu bisa menyebabkan rasa sakit dan bahkan masalah pendengaran.

Perhatikan saat makan, dan coba kunyah makanan Anda di kedua sisi mulut Anda. Jangan lupa makan makanan padat, seperti buah dan sayuran. Ini akan membuat gigi Anda lebih kuat.

7. Kami tidak mengajari anak-anak kami untuk merawat giginya dengan baik.

Beberapa orang tua berpikir bahwa tidak perlu merawat gigi susu dengan benar karena bersifat sementara. Tapi seorang anak harus tahu tentang apa yang benar dan apa yang salah karena gigi akan berubah tapi kebiasaan akan tetap ada. Proses menyikat gigi harus berlangsung paling tidak selama 3 menit, dan sikatnya harus digerakkan ke atas dan ke bawah.

Ajari anak Anda untuk menyikat gigi dengan hati-hati. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved