7 Hal yang Dapat Mengubah Otak Anda Secara Fisik

Tanggal: 18 Des 2017 11:00 wib.
Pernahkah Anda bermimpi untuk menjadi makhluk super: lebih sehat, lebih positif, pintar? Nah, inilah kabar baiknya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk benar-benar meningkatkan kemampuan otak Anda ke level yang baru.

 

1. Berhentilah menggerutu

Setelah menggerutu menjadi kebiasaan Anda, otak Anda memicu banyak perubahan yang menciptakan bias negatif dan bahkan mungkin menyebabkan depresi. Alih-alih mengeluh tentang betapa sulitnya hidup, Anda dapat keluar di bawah sinar matahari, berjalan-jalan, dan bermeditasi.

2. Bersyukur atas apa yang Anda miliki.

Temukan setidaknya 3 hal yang dapat membuat Anda bersyukur. Journal of Psychiatry and Neuroscience menyatakan bahwa latihan semacam itu akan meningkatkan kadar serotonin di otak Anda. Serotonin sangat penting untuk memfungsikan korteks prefrontal Anda, yang mengatur refleksi diri dan keseimbangan emosional, sehingga membantu mengesampingkan pola panik sebelumnya. Pikirkan tentang kegiatan sehari-hari yang positif secara rinci. Anda bahkan bisa menuliskannya.

3. Ungkapkan perasaan negatif.

Anda mungkin ingin menuliskan perasaan negatif Anda. Jangan malu. Tulislah kertas. Para ilmuwan mengatakan bahwa pemrosesan emosi linguistik mengurangi aktivitas amigdala, pusat ketakutan di otak Anda, dan dengan demikian mengurangi tingkat stres. Amigdala yang lebih tenang berarti lebih bahagia.

4. Berada di sekitar orang.

Sebuah studi pada tahun 2010 di University of Michigan menemukan bahwa bersantai dengan teman atau berada di ruang fisik yang sama dengan orang lain sangat banyak memanfaatkan otak Anda. Pada skala yang lebih besar, otak Anda dapat mengalami perubahan positif jika Anda mengelilingi diri Anda dengan individu yang cerdas dan emosional. Tahukah Anda bahwa perasaan manusia menular? Anda bisa "terinfeksi" dengan emosi dan perilaku. Fenomena ini juga dikenal sebagai penularan sosial atau emosional.

5. Peluk seseorang.

Pelukan adalah hal ajaib. Pelukan hangat membuat otak kita melepaskan dopamin - hormon kesenangan. Itulah mengapa Anda langsung merasa aman dan rileks. Periset mencatat bahwa memeluk dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan memperbaiki mood Anda.

6. Berhenti multitasking.

Ubah multitasking menjadi monotasking. Penelitian menunjukkan bahwa mencoba untuk fokus pada lebih dari satu hal sekaligus mengurangi produktivitas Anda hampir 40%.

7. Nyalakan musik yang tepat.

Untungnya, inilah kabar baiknya. Anda tidak perlu mematikan musik untuk bekerja secara produktif. Sebenarnya, nada musik yang tepat untuk relaksasi gelombang otak adalah gelombang alpha.

Tentu saja bukan hanya ini aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak Anda bekerja lebih baik. Tidur siang, membelai kucing Anda, menghirup udara segar, memperlihatkan diri Anda lebih ringan, dan segala sesuatu yang sehat yang membuat mood Anda lebih baik bekerja paling baik untuk otak Anda juga. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved