6 Tips Menahan Diri Makan Berlebihan Terhadap Godaan Makanan Lezat Saat Lebaran

Tanggal: 15 Jun 2018 15:48 wib.
Tak terasa bulan puasa umat muslim telah berlalu, dan kini hari pertama perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Hari kemenangan untuk umat muslim di seluruh dunia mendatangkan banyak hal kebaikan terutatam bagi mereka yang merayakan dan menikmati kebersamaan dengan keluarga, sanak saudara, teman, kerabat, tetangga  dan lainnya.

Saat hari seperti saat ini bisa dipastikan ada banyak makanan enak berlimpah di rumah dan lain dari biasanya. Sehingga tidak sedikit orang menjadi lupa diri dan memakan apa saja tanpa memikirkan lemak yang berlebih dan membuat gemuk atau hal lainnya. Untuk itu, khusus untuk Anda yang takut gemuk dan kolesterol, alangkah baiknya memakan makanan hari raya lebaran secukupnya saja. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Berikut cara mengendalikan diri agar tidak makan berlebihan saat lebaran.

Kendalikan diri Anda saat makan

Memang benar saat lebaran ada banyak makanan lezat yang mengugah selera makanmu. Hanya saja bukan berarti Anda memakan semuanya dalam porsi yang banyak sehingga menjadi lupa menjaga kesehatan. Jika tidak mau kolesterol ataupun menambah berat badan saat lebaran, maka dari diri Anda sendiri harus mengendalikan diri untuk makan secukupnya dan menyeimbangkan buah dan sayuran yang sehat.

Makan perlahan

Agar Anda tidak makan terlalu berlebihan dan tidak seperti porsi biasanya, maka perlu Anda memperhatikan bahwa Anda boleh memakan apapun, namun tidak dalam porsi yang berlebihan. Makanlah secara perlahan agar Anda tidak kebablasan saat makan.

Tetap lakukan aktivitas untuk produktif

Agar Anda tidak mengalami kegemukan dan pertambahan berat badan yang tidak Anda inginkan saat lebaran, maka Anda harus mengendalikan diri Anda terhadap makanan lezat yang berlimpah di dalam rumah. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas seperti biasanya, lakukan aktivitas tertentu yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari makanan.

Terapkan jadwal makan

Makan daging, dan makanan lezat lainnya saat lebaran tentu saja tidak ada masalah. Namun, seperti dikatakan di atas bahwa memakannya dalam jumlah berlebihan juga tidak baik. Nah, agar bisa menahan diri dari godaan makanan saat lebaran, alangkah baiknya untuk tetap menerapkan jadwal makanmu seperti pada pagi hari, siang, dan malam hari. Selain itu sebisa mungkin jangan memakan cemilan dalam jumlah banyak.

Mengatur porsi makan

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menahan diri terhadap makanan dalam porsi yang berlebihan adalah dengan mengatur porsinya. Anda dapat mengaturnya dengan cara memilih wadah atau piring yang tidak terlalu besar, hal ini berguna untuk menghindari Anda memakan makanan lebaran dalam jumlah yang berlebihan.

Tidur cukup

Saat Anda kelelahan dan keseringan begadang, maka hal ini dapat memicu Anda makan banyak. Untuk itu, sebisa mungkin meski sedang libur dan bebas dari berbagai beban pekerjaan, tetap perhatikan waktu tidur Anda.  seperti diketahui bahwa waktu tidur yang ideal  setidaknya 6-8 jam setiap harinya.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved