6 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tanggal: 25 Jun 2018 14:55 wib.
Tampang.com - Teh hijau merupakan salah satu minuman favorite yang memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Saat ini teh hijau mudah di dapatkan baik di pasar tradisional, pasar swalayan dan online shop. Jenis teh hijau juga sangat beragam seperti teh hijau asli Indonesia hingga matcha (teh hijau asli Jepang).

Namun belum banyak yang tahu apa saja manfaat teh hijau yang sesungguhnya. Teh hijau lebih sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit dibanding untuk dikonsumsi langsung oleh kaum muda. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk perawatan kulit yang menjadikan teh hijau sebagai bahan dasarnya.

Agar dapat memanfaatkan teh hijau lebih maksimal maka perlu disimak manfaat teh hijau seperti berikut ini :



1. Mampu meredakan stress

Salah satu cara menghilangkan stress yaitu dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang berfungsi untuk merelaksasi otak. Asam amino yang berfungsi sebagai antioksidan pada teh hijau akan melepaskan gelombang alfa pada otak sehingga membuatnya lebih tenang serta membuat otak tetap aktif.

2. Melindungi rambut agar tetap sehat dan tidak rontok

Stress dapat memicu kerontokan rambut. Mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menghambat pertumbuhan Dihydrotestoterone yaitu senyawa yang menghambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut rontok.

3. Mencegah osteoporosis

Bukan hanya susu, teh hijau juga dapat mencegah osteoporosis karena memiliki kandungan fluoride yang mampu menjaga kesehatan tulang dan memperlambat kerusakan yang terjadi. Teh hijau dapat berfungsi sebagai pengganti susu untuk mencegah osteoporosis.



4. Menurunkan berat badan

Teh hijau sangat ampuh untuk menurunkan dan mengontrol berat badan agar tidak berlebih. Kandungan katekin teh hijau dan kafein dapat mengurangi kelebihan berat badan (obesitas) secara signifikan. Katekin pada teh hijau dapat menstimulasi panas dan juga melepaskan lemak selain itu juga dapat mengurangi massa tubuh, lemak pada tubuh.

5. Perawatan kulit

Teh hijau mampu mengatasi masalah kulit berjerawat karena terdapat senayawa tannins yang berfungsi sebagai penyegar kulit. Teh hijau mampu mengatasi kadar minyak berlebih dan juga mencegah penuaan dini.

6. Menyegarkan nafas

Kandungan polifenol pada teh hijau berfungsi melawan bakteri dan kuman termasuk yang ada di dalam mulut. Teh hijau juga dapat mempercepat proses penyembuhan gusi serta mengurangi pertumbuhan plak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved