5 Peregangan Tubuh yang Dilakukan Saat Duduk

Tanggal: 6 Apr 2018 11:57 wib.
Tampang.com - Terlalu lama duduk dapat berbahaya pada kesehatan terutama posisi punggung yang bungkuk, pembengkakan pada punggung bagian atas, pola pernapasan yang berubah dan otot punggung serta bahu yang menjadi tegang. Oleh karena itu, melakukan peregangan sangatlah penting. Lakukanlah peregangan sederhana saat duduk seperti berikut ini :

1. Peregangan bahu

Tariklah napas dalam-dalam sambil mengangkat bahu ke arah telinga. Tahan selama tiga detik kemudian hembuskan perlahan hingga kembali ke posisi semula. Lakukan berulang hingga 10 kali.



2. Punggung bawah

Angkat satu lutut ke arah dada kemudian tahan bagian belakang paha dengan tangan. Gerakkan jari-jari kaki ke arah atas dan tahan selama 30 detik. Ulangi proses yang sama pada kaki yang lain.

3. Leher

Rentangkan lengan ke langit-langit kemudian dorong ke atas sambil mengangkat punggung bagian atas. Saat melakukannya miringkan kepala ke atas lalu turunkan leher untuk meregangkan badan.

4. Punggung atas dan tengah

Duduk tegak dan lilitkan tangan Anda seperti memeluk diri sendiri. Letakkan tangan kiri di bahu kanan dan tangan kanan di bahu kiri. Tahan peregangan selama kurang lebih 30 detik sambil menarik napasa beberapa kali.

5. Peregangan pergelangan tangan

Kepalkan kedua tangan dan regangkan ke depan kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam selama 10 kali. Ulangi dengan melakukan gerakan berlawanan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved