5 Manfaat Sayur Bagi Kesehatan

Tanggal: 31 Mar 2018 22:23 wib.
Sayur Bayam merupakan sayur asli benua Amerika latin, tetapi jenis makanan ini di konsumsi sebagai sayur di Asia, terutama Asia Timur dan Tenggara. Budidaya bayam terutama di Indonesia sudah sangat populer. Meskipun mengandung gizi tinggi dan manfaat sayur bayam bagi manusia sangat penting, walaupun bayam dipatok dengan harga yang sangat murah. Bahkan Indonesia menduduki posisi tinggi konsumsi bayam dunia. Berikut manfaat makan sayur bagi kesehatan:

1. Menjaga kepadatan tulang

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyangga tubuh ketika beraktifitas. Kesehatan tulang sangat perlu diperhatikan apalagi bagi seseorang yang sudah berusia lanjut. Kalium dan vitamin K pada bayam berfungsi dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Untuk itu, mengkonsumsi sayur bayam sangat dianjurkan untuk mencegah pengeroposan tulang.

2. Melancarkan pencernaan

Serat pangan tinggi pada kandungan sayur bayam disini berperan dalam melancarkan pencernaan. Serat pangan membantu menghancurkan makanan yang dikunyah dengan tidak sempurna kemudian memisahkan antara serat dengan ampas. Itulah sebabnya mengkonsumsi bayam dapat membersihkan usus dari kotoran sisa makanan yang tidak terbuang sempurna.

3. Sebagai anti inflamasi

Kondisi tubuh manusia dalam menyesuaikan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit berbeda-beda. Ada yang hanya mengalami demam saja atau ada yang sampai nyeri. Bayam mengandung violaxhantin yang berperan sebagai senyawa anti infalamasi yang meredakan nyeri. Itulah alasan mengapa bayam sering dijadikan menu makanan bagi seseorang yang sedang sakit.

4. Mencegah risiko terserang kanker prostat pada pria

Kanker prostat merupakan salah satu kanker yang mematikan dan di khawatirkan bagi kaum pria. Pasalnya pria memiliki potensi terserang kanker prostat sangat tinggi. Flavoid pada sayur bayam mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker terutama sel kanker prostat. Untuk mencegah risiko terserang kanker prostat sebaiknya mengkonsumsi bayam dengan rutin.

5. Menurunkan tekanan darah

Peptida merupakan senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah ditemukan pada kandungan sayur bayam. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan emosi yang tidak bisa di kontrol. Jika kondisi tersebut terus berlanjut maka tidak menutup kemungkinan terjadinya konflikasi penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung dan stroke bahkan berakhir pada kematian.

Dilansir dari laman manfaat.id
Copyright © Tampang.com
All rights reserved