5 Cara Hentikan Cegukan yang Tak Kunjung Berhenti

Tanggal: 17 Apr 2018 11:48 wib.
Tampang.com - Cegukan akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Biasanya cegukan dapat dihentikan dengan minum sembilan hingga sepuluh teguk air putih. Namun jika masih mengalami cegukan maka ada cara lain untuk menghentikannya yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Menahan napas

Cobalah untuk menarik napas dalam dalam kemudian tahan beberapa detik. Ketika ada penumpukan karbondioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

2. Menutup telinga

Tutuplah telingan selama 20 hingga 30 detik. Selain itu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.

3. Tutup mulut

Menutup mulut merupakan cara paling mudah menghentikan cegukan. Bertambahnya karbondioksida akan membantu menyingkirkan cegukan.

4. Menjulurkan lidah

Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kemudian akan bernafas dengan lancar dan memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

5. Menekan telapak tangan

Tekanlah telapak tangan dengan ibu jari yang lain untuk menghentikan cegukan. Itu akan menyebabkan munculnya ketidaknyamanan yang kemudian memengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved