4 Tips Cerdas Buka Puasa dan Sahur Agar Tubuh Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Tanggal: 2 Jun 2018 13:05 wib.
Kelancaran puasa dari hari pertama hingga hari terakhir adalah keinginan setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Dimana ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang sifatnya wajib dan hanya ada sekali dalam satu tahun. Namun, terkadang ada juga sebagian orang yang kondisi fisiknya tidak fit saat menjalani puasa karena hal-hal tertentu misalnya cara buka dan sahurnya tidak benar.

Nah, mengantisipasi hal di atas, berikut tips buka puasa dan sahur yang  tepat agar tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa.

Minum air mineral yang cukup

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air merupakan salah satu komponen kebutuhan tubuh yang sangat penting dan sifatnya harus. Air mineral mampu menjaga kelancara proses metabolism tubuh dan menghindari tubuh kekurangan cairan selama bulan puasa. Minumlah air putih secukupnya saat buka dan sahur. Cara terbaik minum air putih adalah dengan meminumnya secara bertahap.

Jangan telat sahur

Jika ingin tetap fit selama bulan puasa, maka pastikan Anda bangun lebih awal saat sahur. Jangan sampai terburu-buru saat sahur karena kesiangan, apalagi jika sampai melewatkan sahur karena tidak sempat. Karena sudah bisa dipastikan jika membiarkan perut kosong seharian, pencernaan Anda akan mengalami gangguan, tubuh Anda lemas dan cepat kelelahan hingga bisa berujung sakit. Usahakan saat sahur memakan makanan yang sehat dan jangan lupa minum air putih secukupnya sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Konsumsi makanan sehat selama berpuasa

Saat menjalani puasa, Anda harus tetap menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Kebutuhan nutrisi dan protein harus tetap terpenuhi, hal ini berguna agar tubuh Anda tetap fit selama bulan puasa. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat selama bulan puasa, seperti karbohidrat, sayur, daging, serat, vitamin, sedikit lemak dan lainnya.

Hindari makan dalam porsi besar sekaligus

Karena kurang lebih 12 jam perut mengalami kekosongan, maka saat buka puasa hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini bertujuan agar pencernaan Anda tidak kaget dan bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Saat buka, makanlah secara bertahap mulai dari air putih, makanan ringan, disusul dengan makanan berat dalam waktu yang bertahap.

  
Copyright © Tampang.com
All rights reserved