4 Pertolongan Pertama Saat Tersedak Duri Ikan

Tanggal: 23 Jul 2018 13:11 wib.
Tampang.com - Ikan merupakan salah satu makanan favorit yang bergizi. Selain rasanya yang lezat, ikan memiliki berbagai macam jenis yang rasanya sangat meggugah selera. Tapi ada satu masalah saat makan ikan yaitu sering tersedak duri ikan yang tidak sengaja ikut terbawa saat makan. Kondisi ini sangat mengganggu dan menyakitkan. Tapi jangan panik saat hal ini terjadi, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memberikan pertolongan pertama seperti berikut ini:

1. Gunakan selai kacang

Selai kacang memiliki tekstur yang lengket yang mampu mengeluarkan duri ikan yang menempel di tenggorokan. Cara menggunakannya yaitu dengan meratakan selai kacang dan mentega di atas roti dan letakkan di mulut Anda, tunggu air liur membasahi roti agar lebih mudah ditelan.



2. Makan pisang

Buah pisang bertekstur lengket yang dapat mendorong duri ikan yang menyangkut di tenggorokan. Gigitlah sepotong pisang dengan ukuran cukup besar namun jangan mengunyahnya. Simpan pisang dalam mulut kurang lebih 1 menit agar teksturnya basah dan telan secara utuh. Siapkan segelas air.

3. Kacang

Jika tidak ada selai kacang maka bisa menggantinya dengan kacang. Kunyah kacang hingga teksturnya berubah agak kasar, jangan terlalu lembut agar dapat mendorong duri ikan.



4. Makan bola nasi

Siapkan nasi lalu bentuklah seperti bola dengan ukuran kecil untuk mengeluarkan duri ikan. Telan bola nasi secara utuh. Siapkan segelas air untuk diminum setelah mengonsumsi bola nasi tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved