4 Masalah Kesehatan yang Akan Terjadi Jika Tidur Menggunakan Kipas Angin

Tanggal: 26 Jul 2018 11:43 wib.
Tampang.com - Saat cuaca panas, pasti tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Banyak orang yang memanfaatkan kipas angin bahkan sudah menjadi suatu kewajiban yang harus digunakan sebelum tidur agar bisa tidur pulas. Walaupun memang kipas angin bisa menjadi solusi mengatasi cuaca panas, tapi menggunakannya saat malam hari saat tidur memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya...

1. Bisa menyebabkan nyeri otot

Nyeri otot saat bangun tidur kerap terjadi dan biasanya tidak disadari apa penyebabnya. Ternyata, kipas angin bisa menjadi salah satu penyebab nyeri otot. Hal ini dikarenakan udara dingin yang terkonsentrasi akan membuat otot menjadi tegang dan kram. Nyeri otot menjadi masalah umum saat orang tidur dengan kipas angin yang diletakkan dekat dengan leher dan wajah mereka.

2. Rentan terkena alergi

Saat kipas menggerakkan udara di sekitar ruangan maka akan menyebabkan debu dan serbuk sari beterbangan ke arah hidung. Jika memiliki riwayat terhadap asma, alergi serbuk sari, atau jenis alergi apapun, tidur menggunakan kipas angin hanya akan memperparah keadaan.



3. Rentan mengalami iritasi sinus

Aliran udara yang terjadi secara konstan dan mengarah ke tubuh dapat menyebabkan iritasi sinus. Sinus akan menjadi kering. Jika terjadi secara terus menerus maka tubuh akan memproduksi lendir berlebih karena mencoba untuk mengimbangunya. Hidung akan mudah tersumbat, sakit kepala dan berlendir.

4. Menyebabkan kulit kering

Saat kipas dihidupkan, maka udara dingin akan berhembus yang membuat kulit menjadi kering jika digunakan dalam waktu yang lama. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tidur dengan membuka mata sebagian, maka mata pun akan mengalami kering dan menyebabkan iritasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved