4 Cara Ampuh untuk Cegah Gigi Berlubang

Tanggal: 12 Feb 2018 11:21 wib.
Tampang.com - Masalah kesehatan karies dan gigi berlubang merupakan kerusakan gigi yang paling sering terjadi terutama pada anak-anak. Namun sebenarnya bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun rentan terkena kerusakan gigi. Jika sudah terjadi maka harus segera diobati karena kerusakan gigi dapat menimbulkan rasa nyeri, infeksi derta kehilangan gigi.

Ada 4 cara alami yang sederhana yang dapat mencegah karies dan gigi berlubang, berikut ulasannya :

1. Konsumsi susu

Susu kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membuat cairan gigi menjadi lebih seat dan sekaligus dapat menjaga gigi agar tetap kuat. Kandungan pada susu seperti vitamin K2, vitamin D3, kalsium, fosfor dan vitamin yang larut dalam lemak sangat baik untuk mencegah gigi berlubang. Konsumsilah produk susu setidaknya setiap minggu.

2. Hindari konsumsi gula berlebih

Gula merupakan salah satu penyebab terburuk yang dapat merusak gigi. Gula memberi efek asam pada gigi. Sebaiknya, hindari mengonsumsi permen dan soda. Selain itu, gunakan sirup maple dan madu atau dengan minum jus secukupnya dengan gula. Terlalu banyak konsumsi gula akan menyebabkan gigi berlubang.

3. Kumur dengan air kelapa

Kumurlah dengan satu sendok minyak kelapa selama 20 menit. Hal ini diklaim mampu menyembuhkan berbagai penyakit gigi seperti radang gusi. Jika tidak sanggup berkumur selama 20 menit maka cukup lakukan selama 3 hingga 5 menit saja. Waktu berkumur sebaiknya dilakukan di pagi hari, tepatnya setelah bangun tidur.

4. Hindari makanan yang mengandung asam fitat

Asam fitat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kekurangan nutrisi, kerusakan gigi dan kurang nafsu makan. Kandungan asam fitat akan jauh lebih tinggi terkandung pada makanan yang ditanam menggunakan pupuk fosfat modern daripada yang ditanam dengan kompos alami.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved