Sumber foto: pinterest

4 Buah Wajib Dikonsumsi Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Tanggal: 10 Mei 2024 15:27 wib.
Kolesterol dan asam urat tinggi adalah dua kondisi kesehatan yang perlu mendapat perhatian serius. Kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular. Tingginya kadar asam urat dalam darah juga memengaruhi kadar kolesterol, demikian pula sebaliknya. International Journal of Cardiology (2018) menunjukkan bahwa kadar asam urat tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan lemak darah lainnya.

Pola makan yang buruk dapat menjadi penyebab utama kolesterol tinggi, seperti konsumsi makanan mengandung lemak jenuh, dan kebiasaan merokok juga dapat mempengaruhi kondisi ini. Gejala kolesterol tinggi antara lain muncul luka kekuningan di sejumlah bagian tubuh, impotensi pada pria, munculnya lingkaran putih atau setengah lingkaran di dalam kornea mata, serta sakit kepala.

Untuk mengatasi kedua kondisi kesehatan ini, penting untuk mengatur pola makan agar kadar kolesterol dan asam urat tetap normal. Beberapa buah-buahan dapat menjadi pilihan sehat bagi penderita kolesterol dan asam urat tinggi. Berikut adalah empat buah yang efektif merontokkan kolesterol dan asam urat:

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber nutrisi dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Penelitian yang dikutip dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat sekali sehari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Alpukat juga mengandung asam oleat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga amat cocok dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Sebagai buah penurun asam urat, alpukat juga mengandung vitamin E dalam jumlah yang melimpah. Vitamin E memiliki sifat antiinflamasi yang membantu tubuh mengurangi serangan asam urat.

2. Buah Beri

Buah beri menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menjadi buah penurun kolesterol dan asam urat. Beri dianggap sebagai salah satu sumber fitonutrien yang paling enak dan serbaguna. Berkat antioksidannya, buah beri dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. Beri, terutama stroberi dan blueberry, memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi, yang membantu mengendalikan peradangan pada sendi-sendi, terutama saat penyakit asam urat menyerang.

3. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung pektin, zat yang membantu menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Selain pektin, jenis buah ini juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga membantu menurunkan LDL dan trigliserida dalam darah. Vitamin C pada buah sitrus juga membantu menurunkan kadar asam urat tinggi, bahkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Pisang

Pisang merupakan buah penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya. Buah bertekstur lembek ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Berkat kandungan serat, buah berwarna kuning saat matang ini turut membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi. Pisang juga mengandung sedikit purin, tetapi memiliki kandungan vitamin C yang melimpah, sehingga membantu menurunkan sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat berulang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved