4 Bahaya Jika Kamu Mengalami Stress Berkepanjangan

Tanggal: 7 Agu 2017 08:24 wib.
Tampang.com - Jika seseorang berada dalam tekanan, maka mereka biasanya merasakan rasa stress. Stress tersebut dapat berupa ketegangan pada fisik, emosi, maupun mental.

Gejala stress juga dapat berdampak pada kinerja keseharian. Bisa saja membuat produktifitas menurun, rasa sakit dan bahkan hingga gangguan mental.

Stress yang berkepanjangan, sangat berbahaya bagi tubuh kita. Bahkan dapat berujung pada kematian. Yuk kenali efek stress berkepanjangan berikut.

1. Berisiko stroke

Dengan kadar stress yang semakin tinggi, meningkat pula resiko anda menderita stroke.

2. Penyakit kronis

Penelitian di Johns Hopkins University menunjukan, dampak stres berkepanjangan akan menimbulkan sejumlah penyakit seperti rusak hati, penyakit paru, kanker. Bahkan, stres yang tidak dapat dikendalikan bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Ukuran otak mengecil

Kecemasan yang berlebihan akan mengurangi area abu-abu di bagian otak. Area otak ini bertugas menangani kontrol diri dan emosi.

4. Kemampuan belajar menurun

Saraf sel punca di hipocampus, menjadi bagian penting dalam proses belajar dan daya ingat. Tetapi saat stres, sel punca akan dilapisi mielin. Hal ini tentu saja mengganggu fungsi kerja otak.

Adakah kegiatan yang mampu mencegah stress?

Ada beberapa kegiatan yang mampu kalian lakukan untuk menghilangkan stress, meminimalkan stress bahkan mungkin menghilangkan stress. Diantaranya, kalian dapat melakukan meditasi, olahraga, bersantai dengan rekreasi, atau melakukan hal-hal yang kalian sukai.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved