23 Tips Sehat Selama Berpuasa....Cobain deh....

Tanggal: 18 Mei 2017 12:36 wib.
Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Tapi berpuasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat selama berpuasa.

Selama berpuasa, saat disiang hari tidak lantas menjadikan tubuh menjadi lesu. Pola makan yang berubah selama puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan aktifitas di siang hari. Terlebih lagi, puasa biasanya membawa dampak yang sangat baik bagi tubuh sehingga kita akan menjadi individu yang sehat dari pada sebelumnya.

Berikut adalah tips sehat selama berpuasa :

1. Atur waktu untuk makan sahur diakhir waktu, selain berguna untuk menunjang puasa kita disiang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.

2. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan.

3. Makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran yang mengandung banyak air, untuk terhindar dari dehidrasi.

4. Minum segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh

5. Mengkonsumsi suplemen yang biasa dikonsumsi.

6. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemes disiang hari.

7. Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak minumlah air yang cukup tiga hingga lima gelas, hindari minuman yang berkafein karena akan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

8. Hindari terlalu lama diluar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung.

9. Jika ada waktu sempatkan untuk beristirahat atau mengistirahatkan tubuh dengan mengganti tidur malam yang kurang, setelah sholat zuhur adalah waktu yang sangat tepat.

10. Sore hari sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, agar peredaran darah normal.

11. Saat berbuka jangan makan berlebihan, utamakan makan buah kurma dan minum jus atau air putih saja cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

12. Setelah sholat maghrib lanjut dengan menyantap hidangan utama dengan menu yang seimbang, sayur buah protein dengan porsi yang sedang.

13. Hindari makan gorengan

14. Minum air putih minimal lima gelas sebelum tidur

15. Usahakan tidur lebih awal, selesai sholat taraweh langsung tidur.

16. Hindari camilan berkalori tinggi.

17. Bagi yang memiliki berat badan berlebih hindari makanan yang manis-manis

18. Bagi yang berbadan kurus harus menambah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna.

19. Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur

20. Bagi yang punya penyakit lambung jangan lupa minum obat maag untuk menghindari lambung sakit saat berpuasa.

21. Bila tidak ada susu minum, madu pun jadi untuk menambah stamina saat berpuasa.

22. Jangan langsung minum air es karena akan menjadi kembung.

23. Saat berbuka makan jangan terlalu terburu-buru agar lambung tidak sakit.

Nah itulah beberapa tips tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved