16 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin Bagi Kesehatan

Tanggal: 25 Mar 2018 03:21 wib.
Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai berbagai aktivitas. Terlebih pada pagi hari, udara pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Udara pada pagi hari memiliki berbagai zat yang dapat larut bersama air. Hal ini dapat membuat kualitas air pada pagi hari menjadi lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Mandi pagi merupakan aktivitas yang alangkah baiknya dilakukan oleh setiap orang agar dapat memperolah tubuh yang sehat. Hal ini mungkin sudah terbiasa dilakukan sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga yang masih meninggalkan rutinitas mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan.

Udara pagi hari yang sejuk ditambah dengan mandi pagi hari membuat tubuh jadi lebih segar. Dengan kondisi tubuh demikian, kita pun akan tambah bersemangat dalam mengawali hari dengan beragam aktivitas. Mandi pagi selain menyegarkan juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak paparan berikut ini.

1. Menjaga kulit tetap segar dan lembab

Mandi pagi ini mirip dengan proses detoksifikasi, yaitu bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit. Karbondioksida yang terkandung dalam air pagi hari membuat kelembaban kulit terjaga dan kulit pun tetap segar.

2. Terhindar dari rematik

Ada yang mengalami rematik? Lakukan terapi mandi pagi hari. Ternyata kualitas air di malam hari dengan air di pagi hari berbeda, lho. Air malam berbahaya karena memicu penyakit, salah satunya adalah rematik sementara air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi dan berguna untuk lawan rematik.

3. Kadar gula darah turun

Memiliki masalah dengan kadar gula dalam darah yang selalu tinggi? Atasi dengan mandi pagi hari. Fungsi mandi pagi adalah untuk detoksifikasi yang akan membantu membuat kadar gula seimbang dan tidak naik lagi.

4. Daya tahan tubuh naik

Tingkatkan ketahanan tubuh kita dengan rajin mandi di pagi hari. Rangsangan yang terjadi ketika kita mandi, menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Seperti diketahui bahwa sel darah putih berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh. Dengan produksi sel darah putih yang semakin banyak, berdampak pada imunitas tubuh yang kuat.

5. Meningkatkan kesuburan

Pemicu produksi hormon testoteron/hormon pria dan estrogen/hormon wanita salah satunya adalah dengan mandi pagi. Produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita.

6. Kurangi stress

Ketika mandi pagi, oksigen dapat mengalir lancar ke seluruh bagian tubuh. Kebutuhan oksigen yang sudah terpenuhi, membuat tingkat stress berkurang.

7. Kesehatan rambut meningkat

Mandi pagi dapat membuat rambut jadi sehat, utamanya mandi pagi dengan air dingin bisa memperkuat akar rambut sehingga terhindar dari kerontokan atau rambut kusam.

8. Sirkulasi darah lancar

Mandi pagi dapat membuat darah lancar mengalir ke seluruh tubuh sehingga organ tubuh jadi sehat. Mandi pagi pun dapat mengatasi peradangan yang terjadi di tubuh dan proses penyembuhan jadi cepat.

9. Memperbaiki jaringan tubuh

Kulit akan tampak sehat dan kenyal dengan terapi mandi pagi, karena jaringan kulit yang makin baik. Mengalami mata panda? Lingkar hitam yang terdapat pada kantung mata bisa dikurangi dengan mandi pagi.

10. Menekan resiko terkena darah tinggi

Lancarnya sirkulasi darah tubuh karena mandi pagi, membuat kita terhindar dari penyakit darah tinggi, pembuluh darah mengeras, dan varises.

11. Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang sehat bisa diperoleh dengan mandi pakai air dingin. Karena air dingin tidak akan membuka pori-pori seperti yang dapat dilakukan oleh air hangat. Sehingga tubuh tetap bersih, terhindar dari kotoran, dan sehat.

12. Meningkatkan energi

Suhu air dingin berpengaruh dalam meningkatkan energi kita. Sehingga lebih bersemangat dalam beraktivitas.

13. Meningkatnya metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang lancar akibat mandi air dingin, dapat membuat badan sehat dan terhindar dari macam-macam penyakit.

14. Kurangi depresi

Mandi air dingin dapat mengurangi depresi karena suhu air yang sejuk dapat pula membuat otak segar dan tingkat depresi pun turun.

15. Mengatasi flu

Ketika flu kita akan sering bersin dan hidung terasa sumbat. Banyak orang yang mandi menggunakan air hangat ketika flu menyerangnya. Akan tetapi lebih disarankan mandi menggunakan air dingin. Karena air dingin dapat mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat. Kecuali apabila penderita flu sampai menggigil dan demam, boleh pakai air hangat (jangan terlampau panas).

16. Mengatasi pembekuan darah

Mandi air dingin bisa membuat peredaran/sirkulasi darah lancar dan menangkal pembekuan darah.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved