12 Cara Atasi Gusi Bengkak

Tanggal: 27 Mar 2018 05:58 wib.
Bagian rongga mulut termasuk gusi, sering kali luput dari perhatian. Padahal, jika bermasalah, kamu bisa mengalami kesulitan mengunyah makanan, nyeri dan ngilu, hingga terjadinya demam pada tubuh. Agar tak bertambah parah, ketahuilah cara mengobati gusi bengkak dan mencegahnya kambuh kembali.


Garam


Sudah jadi rahasia umum kalau garam biasa digunakan jika ada masalah kesehatan pada gigi. Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.


Lemon


Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Jeruk nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.


Belimbing wuluh


Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.


Daun Jambu biji


Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.


Bawang merah


Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.


Bawang putih


Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.


Asam jawa


Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit


Cengkeh


Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.


Merica


Merica berguna sebagai cara mengobati gusi bengkak karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit


Serai


Serai juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian gunakan untuk berkumur


Jahe


Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved