10 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Tanggal: 21 Mar 2018 03:28 wib.
Buah mengkudu merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara, buah ini bentuknya lonjong serta terdapat bintik-bintik kecil pada kulitnya, banyak masyarakat yang kurang menyukai buah ini karena baunya yang sangat menyengat. Padahal jika kita kaji lebih dalam lagi buah yang satu ini banyak mengandung khasiatnya.

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Buah mengkudu memiliki kandungan sifat antiinflamasi yang sudah terbukti bisa mencegah terjadinya peradangan, juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Meredakan sakit kepala

Sejak dahulu banyak orang-orang yang menggunakan buah mengkudu untuk meredakan sakit kepala ( analgesik ). Kandungan analgesik dalam buah mengkudu sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

3. Meningkatkan stamina

Minum jus yang mengandung campuran mengkudu, anggur dan blackberry selama 21 hari dapat meningkatkan stamina pelari jarak jauh saat latihan.

4. Mengobati infeksi

Infeksi bisa diakibatkan oleh bermacam bakteri yang ada di dalam tubuh, buah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang bisa memperparah infeksi, selain itu yang anti bakteri juga bisa bermanfaat untuk mengontrol bakteri di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan batuk

Buah mengkudu juga bisa berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Cara membuat resepnya yaitu satu buah mengkudu dan setengah genggam daun poo ( bujanggut ). Campurkan bahan tersebut dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas kemudian saring lalu diminum dua kali dalam sehari pagi dan sore.

6. Obat sakit perut

Mengkudu juga bisa meringankan sakit perut, gunakan 2-3 helai daun mengkudu, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan garam secukupnya kemudian seduh dengan air panas. Stelah dingin kemudian saring dan diminum.

7. Melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Penyakit seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang dan radang lambung dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Caranya yaitu konsumsi buah mengkudu sebelum makan porsi besar.

8. Mengobati keracunan makanan

Buah mengkudu juga bisa berkhasiat untuk mengobati keracunan makanan, hal ini karena abuah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa menetralisir bakteri yang ada di dalam makanan yang beracun. Makanan beracun sendiri bisa berasal dari makanan yang sudah kadaluarsa atau makanan yang tidak higienis.

9. Mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai oleh rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh luka atau infeksi yang ada di dalam tenggorokan, buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang dipercaya bisa meringankan peradangan pada tenggorokan.

10. Mengobati sakit gigi

Buah mengkudu bisa menggantikan obat anti biotik untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini karena buah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa meredakan sakit gigi serta menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved