Sumber foto: (Unsplash.com/Andrijana Bozic)

10 Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur, Menurunkan Kelebihan Asam Lambung

Tanggal: 31 Mar 2024 15:30 wib.
Tantangan utama saat berpuasa bagi para penderita maag adalah naiknya asam lambung secara tiba-tiba. Hal ini seringkali memunculkan rasa sakit yang tak tertahankan sepanjang hari, bahkan terkadang memaksa seseorang untuk membatalkan puasanya.

Jika kamu mengalami sakit perut akibat maag selama puasa, bisa jadi makanan yang dikonsumsi saat sahur kurang tepat. Untuk itu, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur agar dapat menurunkan asam lambung. Nah, coba deh simak beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur dan bisa menurunkan asam lambung berikut ini!

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Alpukat juga aman bagi lambung dan dapat membantu menurunkan tingkat keasaman dalam lambung.

2. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi kelebihan asam lambung. Selain itu, oatmeal juga dapat memudahkan pergerakan makanan di dalam lambung, sehingga cocok dikonsumsi saat sahur.

3. Putih telur

Putih telur adalah pilihan yang cocok untuk makan sahur bagi penderita maag. Hindari konsumsi bagian kuning telur yang kaya lemak, karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

4. Pisang

Pisang mengandung basa, bukan asam. Dengan mengonsumsi pisang, kamu dapat menyeimbangkan tingkat keasaman dalam lambung, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

5. Bayam

Bayam juga memiliki fungsi yang serupa dengan pisang, yaitu menyeimbangkan tingkat keasaman dalam lambung. Konsumsi bayam saat sahur dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

6. Melon

Melon termasuk kelompok buah-buahan yang mengandung basa. Kandungan magnesiumnya dapat membantu mengobati kelebihan asam lambung, sehingga cocok sebagai menu sahur.

7. Dada Ayam

Dada ayam yang kaya protein dapat menjadi pilihan saat sahur. Pisahkan kulitnya dan masak dengan cara dibakar di dalam microwave atau dijadikan sup untuk menjaga kesehatan lambung.

8. Salmon

Salmon rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko asam lambung naik. Pastikan untuk menggunakan bumbu yang tidak banyak mengandung asam saat memasak salmon.

9. Yoghurt

Yoghurt yang mengandung probiotik dapat memberikan efek menenangkan pada perut dan lambung. Konsumsi yoghurt saat sahur dapat membantu menjaga kesehatan lambung selama puasa.

10. Asparagus

Asparagus yang dimasak dalam bentuk sup dapat membuat perut terasa nyaman dan hangat. Konsumsi asparagus saat sahur dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

Dengan memperhatikan jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur, dijamin puasa kamu sepanjang hari tidak akan terganggu oleh masalah lambung. Selamat berpuasa!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved