10 Makanan Kaya Zat Besi yang Perlu Ditambahkan ke dalam Diet Anda

Tanggal: 24 Apr 2024 11:52 wib.
Meningkatkan kadar zat besi Anda dapat membantu Anda merasa lebih bertenaga sepanjang hari. "Zat besi berperan dalam banyak fungsi tubuh, mulai dari membantu menciptakan hemoglobin yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan berperan dalam pembentukan sebagian hormon tubuh Anda," kata Amy Gorin, MS, RDN, dari Amy Gorin Nutrition di area New York City. Berikut ini adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan zat besi yang direkomendasikan, yaitu 18 mg per hari untuk wanita dan 8 mg untuk pria.

1. Kentang

Kentang biasa memiliki 3.2 mg zat besi per kentang, lebih tinggi dari kentang manis yang hanya memiliki 1.2 mg per kentang. Pilih kentang yang dipanggang atau direbus untuk kesehatan yang lebih baik daripada kentang goreng.

2. Olive Kalamata

Pilih Olive Kalamata berikutnya saat Anda berada di bar olive. Setengah cangkir olive ini mengandung 1.2 mg zat besi. "Saya suka ngemil mereka atau menambahkannya ke dalam salad atau sebagai tambahan pada pizza kembang kol. Mereka menyediakan lemak sehat untuk jantung selain zat besi," kata Gorin.

3. Almond

Almond adalah camilan yang bagus untuk dimiliki di tas Anda, di meja kerja, atau di mobil: Satu cangkir mengandung 5.3 mg zat besi. (Selain itu, Anda juga akan mendapatkan 30 gram protein!)

4. Bayam

Jika berbicara tentang sayuran kaya zat besi, sulit mengalahkan favorit Popeye: bayam. Saat dimasak, ia mengandung 6,4 mg per cangkir dan itu hanya akan menghabiskan 41 kalori.

5. Brokoli

Seikat sayuran andal ini adalah cara lezat untuk menambahkan 4.4 mg zat besi ke dalam tumisan, salad, omelet, atau hidangan sampingan.

6. Kacang Hitam

Saat Anda ingin meningkatkan asupan zat besi Anda, ambil kacang. "Saya suka menyimpan kacang-kacangan kalengan seperti kacang hitam, lentil, dan kacang Arab di tangan," kata Gorin. "Anda mungkin tidak berpikir bahwa makanan ini adalah sumber yang baik, tetapi mereka memang begitu. Bahkan, setengah cangkir kacang hitam atau kacang Arab memberikan lebih banyak zat besi daripada porsi 3 ons daging sapi."

7. Biji Labu

Biji labu yang lezat, nyaman, dan sangat portabel, juga mengandung 2.1 mg zat besi per cangkir.

8. Aprikot Kering

Se cangkir aprikot kering camilan manis yang sempurna saat Anda merasa lapar juga mengandung 3.5 mg zat besi.

9. Cokelat Hitam

Ya, cokelat adalah sumber zat besi yang bagus tetapi Anda harus mengonsumsi jenis cokelat hitam untuk mendapatkan manfaat sehatnya. (Cari batang yang mengandung lebih dari 60% kakao, menurut saran Cleveland Clinic.) Anda bisa mendapatkan 11.9 mg mineral ini per 100 gram.

10. Kacang Mete

Kacang mete tidak hanya membuat camilan sehat untuk jantung. Mereka juga penuh dengan mineral ini dengan lebih dari 13.4 mg per cangkir.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved