10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Tanggal: 27 Mar 2018 04:57 wib.
Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa tindakan ternyata dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.


1. Air garam

Jangan sepelekan, ternyata garam sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Bumbu dapur satu ini memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri ataupun virus penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, garam juga berfungsi melarutkan lendir yang biasanya terdapat di bagian tenggorokan. Kamu bisa mengobati sakit tenggorokan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan air garam untuk berkumur atau meminumnya.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam:


Sediakan air putih dengan suhu normal segelas saja
Kemudian larutkan 1-2 sendok garam kedalamnya
Gunakan garam untuk berkumur-kumur
Sedangkan bagi kamu yang disertai dahak, silahkan diminum.



2. Bawang putih

Masih seputar bumbu dapur, selanjutnya kamu bisa memakai bawang putih. Beberapa ahli mengungkapkan, bawang putih memiliki kandungan senyawaalicin yang dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bawang putih:


Kunyah satu butir bawang putih yang masih mentah sampai halus
Ambil air putih (suhu normal) dan gunakan untuk berkumur-kumur
Untuk menghilangkan rasa tak enak kamu minum madu.



3. Lemon dan madu

Dulu pernah saya bahas mengenai manfaat madu yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk salah satunya dapat mengatasi peradangan. Namun supaya hasilnya maksimal, sebaiknya campur dengan lemon. Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan lemon madu:


Peras satu buah lemon segar, lalu campur bersama madu dalam satu gelas (banyaknya madu bisa disesuaikan selera)
 Langsung saja minum campuran yang telah dibuat tadi sampai habis.



4. Sup ayam

Bila ditanya soal obat radang tenggorokan mana yang paling enak, pasti kamu akan pilih sup ayam ini. Selain nikmat, ternyata sup ayam mengandung kuah hangat yang dapat mengurangi nyeri peradangan.

Namun bagi kamu pecinta pedas usahakan jangan memakai sambal terlalu banyak ya. Kenapa? Karena rasa pedas yang terlalu berlebihan akan membuat peradangan semakin parah, bahkan bisa menyebabkan luka di tenggorokan.

5. Wedang jahe

Jahe merupakan salah satu rempah tradisional yang dapat menimbulkan sensasi hangat di tubuh. Ia memiliki kandungan senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan tentunya mengatasi peradangan.

Caranya sangat mudah sekali, antara lain:


Siapkan rempah jahe segar seperlunya saja dan air panas satu gelas
Tumbuk rempah jahe tadi, kemudian seduh dengan air panas
 Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan beberapa sendok madu alami
Minum wedang jahe tersebut sedikit demi sedikit dan rasakan sensasi hangatnya di tenggorokan.



6. Minyak kayu putih

Tahukah kamu dengan terapi steaming? Pengobatan satu ini cukup populer di Jepang dan sekitarnya. Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi gejala peradangan, dan bahkan penghilang stres.

Nah, salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk pengobatan ini adalah minyak kayu putih.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan minyak kayu putih:


Siapkan satu baskom air panas yang masih menguap
Tetesi air panas tadi dengan minyak kayu putih
Hirup aroma hangat yang keluar dari baskom berisi air panas tadi
Agar uap hangat tak kemana-mana, tutup dengan handuk kering
 Lakukan penghirupan uap panas berulang sampai peradangan membaik.



7. Buah pisang

Ketika radang tenggorokan menyerang pastinya untuk menelan makanan sangat sakit. Beberapa dokter menyarankan agar kamu mengonsumsi makanan lembut terlebih dulu. Salah satu makanan lembut kaya nutrisi yang direkomendasikan adalah buah pisang.

Selain memiliki tekstur lembut, buah pisang juga memiliki kandungan potasium tinggi yang sudah terbukti mampu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tak bosan mengonsumsinya, kamu bisa juga membuat jus buah pisang.

 

8. Perbanyak istirahat (tidur cukup, kurangi aktifitas fisik, hindari capek)

Pada dasarnya radang tenggorokan akan sembuh sendiri seiringan dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya kamu bisa memperbanyak istirahat.

Ingat, istirahat tidak hanya tidur saja. Kamu juga harus mengurangi aktivitas fisik seperti bekerja lembur dan olahraga agar tubuh tidak kecapekan. Karena jika tubuh kecapekan, sistem kekebalan akan kembali drop sehingga radang semakin parah.

 

9. Minum banyak air putih

Istirahat saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari.

Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan.

 

10. Berhenti merokok atau menghirup asap rokok

Sudah banyak kasus tumor tenggorokan yang diakibatkan oleh rokok. Dari tahun ke tahun angka penderita tumor tenggorokan ini meningkat tajam. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hampir 60 % penderita tumor tenggorokan berasal dari pecandu rokok.

Gejala awal tumor tenggorokan sendiri salah satunya adalah peradangan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat lebih baik cobalah untuk berhenti merokok mulai saat ini juga. Selain itu, hindarilah asap rokok karena sama bahayanya. 


 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved