10 Cara Jaga Mata Tetap Sehat

Tanggal: 29 Sep 2017 10:11 wib.
Tampang.com - Penglihatan menjadi salah satu indera yang sangat penting untuk kita. Karena hal inilah, kita harus selalu menjaga kesehatan mata, yang menjadi organ untuk indera penglihatan. Berikut 10 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata, yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Perhatikan Jarak Membaca Buku

Ketika membaca buku, usahakan berada pada jarak ideal untuk membaca, yakni pada jarak 30cm dari mata ke buku. Dengan hal ini, kamu dapat mencegah mata dari rabun dekat.

2. Tidak Membaca Sambil Tidur

Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu karena dapat mengakibatkan miopi alias rabun dekat.

3. Atur Pencahayaan dengan Baik

Cahaya yang terlalu terang dan terlalu gelap akan membahayakan mata. Sesuaikan kondisi cahaya secukupnya.

4. Istirahatkan Mata

Ketika telah terlalu lama berada di depan komputer atau televisi, usahakan beri waktu untuk mata beristirahat.

5. Jangan Kucek Mata

Sebaiknya tak mengucek mata, apalagi ketika tangan dalam keadaan kotor setelah memegang sesuatu. Tangan yang kotor dapat menginfeksi mata dan berakibat buruk untuk mata.

6. Kedipkan Mata

Ketika fokus terlalu lama pada komputer atau televisi, usahakan intensitas pengedipan mata ditambah. Sehingga mencegah mata dari kering.

7. Makanan Untuk Mata

Dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel akan menjaga mata tetap sehat.

8. Kurangi Tetes Mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

9. Hindari Pemakaian Lensa Kontak Lebih dari 19 Jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

10. Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved