Tips Memilih Pemimpin yang Tepat

Tanggal: 6 Apr 2018 01:57 wib.
Tampang.com - Sebentar lagi Masyarakat Indonesia diperhadapkan padan pemilihan kepala daerah hingga kepemilihan Presiden. Sebagai masyarakat pasti menginginkan pemimpin – pemimpin yang benar – benar baik, jujur, adil dan bekerja keras untuk mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera. Salah memilih, maka korbannya adalah masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu, pergunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

Inilah tips memilih pemimpin yang tepat :

1. Pergunakan Akal Sehat Ketika Memilih

Akal sehat adalah bagian dari hidup manusia yang mampu menghasilkan pertimbangan yang tepat. Dengan menggunakan akal sehat, maka dipastikan masyarakat bisa menentukan pilihannya dengan tepat.

2. Jauhkan Sikap Nepotisme

Menjatuhkan pilihan kepada kerabat, saudara ataupun sahabat tidak menjadi masalah asalkan orang tersebut adalah layak menjadi pemimpin bagi semua kalangan. Jika memilih hanya karena suatu hubungan/kedekatan tanpa melihat bibit-bobotnya, maka itu akan menjadi awal terpilihnya pemimpin-pemimpin yang kurang kompeten dalam menjalankan kepemimpinanya. Dan jika hal itu terjadi, maka yang menjadi korbannya adalah masyarakat banyak.

3. Jauhkan Kebiasaan Golput

Golput tidak terjadi jika pribadi masing-masing punya komitmen untuk menginginkan seorang pemimpin yang baik, jujur, adil, tidak suka korupsi dan tidak berpihak pada salah satu golongan. Jika mau menjadi pemilih “golput”, maka itu artinya sedang sengaja memberi kesempatan kepada orang-orang yang tidak layak untuk menjadi berkuasa.

4. Kumpulkan sebanyak-banyak informasi mengenai kehidupan (karakter, sikap, dll)  calon pemimpin. Analisa dan ambil keputusan apakah layak dipilih atau tidak.

 

Pemimpin ideal yang dihasilkan dari sistem pemilihan secara demokrasi tercipta dari adanya pemilih yang cerdas

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved