Sebuah Metode Untuk Mengatasi Kemalasan

Tanggal: 7 Jun 2017 02:04 wib.
Dari waktu ke waktu kita semua menetapkan tujuan baru atau tantangan. Dan sama seperti pada akhirnya kita gagal mencapainya. Anda akhirnya mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda belum siap. Bahwa Anda akan melakukannya minggu depan, bulan depan, atau bahkan tahun depan.

Mengapa kita menyerah begitu mudah? Jawabannya cukup jelas. Kita mencoba untuk mencapai tujuan kita terlalu banyak dan terlalu cepat. Kita muak dengan tanggung jawab baru dan sulit mengubah kebiasaan lama dan mencoba sesuatu yang baru, akibatnya Anda merasa lelah dan bosan dengan sangat cepat.

Bagaimana cara menghentikan menunda-nunda?
Ini adalah solusi bagus untuk mengatasi kemalasan dan mencapai apapun yang anda inginkan. Metode ini memakan waktu kurang dari satu menit dan hasilnya cukup mengesankan. Teknik ini disebut Kaizen. Atau asas satu menit. Kaizen berasal dari jepang dan itu adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapapun dalam lingkup kehidupan mereka. Di jepang misalnya itu sering diterapkan untuk memperbaiki teknik manajemen. Kata itu sendiri mengandung dua akar. KAI (perubahan) dan ZEN (kebijaksanaan). Itu berarti Anda seharusnya tidak mengubah hidup Anda secara spontan, tapi perlahan dan bijak. Kebiasaan baru harus terjadi sebagai akibat dari refleksi dan pengalaman hidup Anda. Metode ini diciptakan oleh masaaki imai yang meyakini filosofi ini bisa diterapkan semaksimal mungkin dengan dunia bisnis karena bisa menjadi kehidupan pribadi seseorang.

Bagaimana metode ini bekerja?
Dalam budaya jepang praktik kaizen mencakup konsep asas satu menit untuk perbaikan diri. Inti metode ini adalah gagasan bahwa Anda harus berlatih melakukan sesuatu selama satu menit. Setiap hari pada waktu yang sama. Hanya sebentar. tidak lagi. Seharusnya tidak menjadi masalah bagi siapa pun. Benar? Bahkan orang yang paling malas pun bisa melakukan tugas tertentu dalam jumlah kecil. Biasanya kita mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu saat berhadapan dengan menjalankan tugas selama tiga puluh menit atau satu jam sehari. Namun Anda harus bisa melakukannya setidaknya selama 60 detik tanpa ada keraguan.

Mengapa metode kerjanya?
Sepintas praktik ini mungkin tampak ragu dan tidak efektif bagi orang-orang yang telah tumbuh dalam budaya barat yang mengklaim gagasan bahwa Anda hanya dapat mencapai tujuan Anda dengan melakukan usaha yang sangat besar. Namun itu tidak benar sama sekali. Program perbaikan diri yang menantang yang membuat Anda kehilangan banyak energi akhirnya bisa melelahkan Anda dan tidak memberikan hasil yang nyata. Apakah itu melakukan push up atau belajar bahasa asing, Kegiatannya tidak akan terasa seperti sesuatu yang tidak menyenangkan yang harus Anda selesaikan. Sebaliknya itu akan menjadi aktivitas yang membawa Anda sukacita dan kepuasan. Ambillah satu langkah kecil pada satu waktu dan Anda akan bergerak di jalan kesempurnaan diri. Prinsip satu menit memungkinkan Anda melihat kemajuan yang Anda buat, dan ini adalah bagian penting untuk membentuk kebiasaan baru.

Penting untuk mengatasi kurangnya kepercayaan diri yang mungkin Anda miliki dalam kemampuan Anda dan juga membebaskan diri Anda dari rasa bersalah dan ketidakberdayaan. Anda perlu mengalami rasa sukses kemenangan untuk bergerak maju saat perasaan tersebut menginspirasi Anda. Anda secara bertahap akan mulai meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. Mungkin pada awalnya selama lima menit lagi, tapi ini akan segera berubah menjadi setengah jam dan bahkan lebih lama lagi. Yang harus Anda lakukan adalah memahami apa yang ingin Anda capai dan mulai melakukannya hanya dalam satu menit setiap hari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved