Sumber foto: Canva

Resep Sate Ayam Bumbu Kacang yang Mudah Dibuat di Rumah dan Enak

Tanggal: 6 Jun 2024 12:52 wib.
Sate ayam adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer, terutama karena paduan rasanya yang khas serta bumbu kacang yang menggugah selera. Memasak sate ayam dengan bumbu kacang di rumah bisa menjadi pengalaman kuliner yang menyenangkan, apalagi dengan beragam resep bumbu kacang sate ayam yang enak dan mudah diikuti.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis sate dengan berbagai bumbu pelengkap. Namun, yang paling populer dan mudah dibuat di rumah adalah sate ayam dengan bumbu kacang. Selain memberikan kenikmatan saat dikonsumsi bersama sate ayam, bumbu kacang juga diketahui memberikan manfaat kesehatan. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Food Science and Technology menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa resep bumbu kacang sate ayam yang bisa Bunda coba di rumah:

1. Resep Bumbu Kacang Sate Ayam
Dirangkum dari buku 500 Resep Masakan Terfavorit karya Sisca Soewitomo, resep bumbu kacang sate ayam ini sangat mudah diikuti. Bahan-bahannya antara lain 1/2 ekor ayam (buang tulang dan potong dadu), tusukan sate secukupnya, 5 sdm kecap manis, 2 sdm margarin, 150 gram kacang tanah (goreng dan haluskan), 3 buah cabai merah besar (haluskan), 350 ml air, serta garam dan merica bubuk secukupnya. Bumbu kacang sate ayam ini bisa disajikan dengan irisan bawang merah, irisan cabai rawit, atau bumbu kecap.

2. Resep Bumbu Kacang Gurih Sate Ayam
Resep bumbu kacang gurih sate ayam ini memerlukan bahan-bahan seperti 500 gram fillet ayam (potong dadu), 3 siung bawang putih (haluskan), 2 sdm margarin, 4 sdm kecap manis, 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai merah, 2 sdm minyak goreng, 150 gram kacang tanah (goreng dan haluskan), 200 ml air, 50 gram kecap manis, 1 sdm gula merah (sisir), garam secukupnya, dan 2 buah jeruk limau. Proses pembuatannya pun sangat mudah untuk diikuti.

3. Resep Bumbu Kacang Sate Ayam Ponorogo
Bumbu kacang sate ayam Ponorogo memiliki keunikan tersendiri. Resep ini diambil dari buku Home Cooking Series-60 Resep Olahan Ayam karya Dina Novita. Salah satu keistimewaan resep ini adalah pemanfaatan berbagai bumbu dan rempah yang memberikan cita rasa khas sate ayam Ponorogo. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 300 gram daging ayam bagian dada (filet tipis memanjang), 30 buah tusuk sate, 3 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, garam, gula merah, ketumbar bubuk, 5 sdm minyak sayur atau minyak ayam, serta bahan pelengkap seperti lontong, sambal cabai rawit, bawang merah iris, dan kecap manis.

Dari berbagai resep di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat sate ayam dengan bumbu kacang tidak terlalu sulit, namun membutuhkan kehati-hatian dalam pembuatan. Bumbu kacang yang enak dan mudah dibuat di rumah bisa menjadi pilihan tersendiri untuk keluarga agar bisa menikmati sajian khas Indonesia tanpa harus pergi ke restoran. Selamat mencoba memasak resep bumbu kacang sate ayam di rumah! Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan cara terbaik untuk memasak sate ayam dengan bumbu kacang yang lezat dan menarik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved