Sumber foto: mediastartup.com

Perjalanan Inspiratif Gibran Huzaifah: Dari Kesulitan Hingga Keberhasilan

Tanggal: 20 Okt 2024 12:00 wib.
Sebuah kisah inspiratif mengiringi perjalanan Gibran Huzaifah sebelum ia mendirikan eFishery. Sebelum kesuksesannya, Gibran terpaksa hidup sulit dan menghadapi berbagai cobaan. Saat menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Gibran hidup tanpa uang saku serta terpisah jauh dari keluarganya. Ayahnya yang bekerja sebagai mandor konstruksi juga kehilangan pekerjaannya saat Gibran mulai berkuliah. Masa-masa sulit ini membuatnya mengalami kondisi yang sulit, bahkan terpaksa tidak makan selama tiga hari karena tidak memiliki uang.

Namun, keadaan sulit tersebut tidak menyurutkan semangat dan motivasi Gibran. Bahkan, pada saat sedang belajar di kelas biologi, ide mendirikan eFishery mulai muncul. Materi mengenai akuakultur dan pembibitan ikan lele memicu ide kreatifnya. Dari situlah Gibran mulai mencari modal untuk menyewa kolam lele dan hingga akhirnya berhasil memiliki 76 kolam. Tantangan yang dihadapi pun tidak sedikit, terutama terkait dengan margin keuntungan yang tipis akibat harga pakan yang mahal dan harga lele yang rendah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Gibran mulai menciptakan prototipe alat sensor otomatis untuk memberi makan ikan. Ia memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mendeteksi permasalahan di kolam, termasuk kondisi kekurangan atau kelebihan pakan. Ide briliannya ini menjadi awal dari pendirian eFishery pada tahun 2013.

Pada perjalanannya, Gibran bertemu dengan investor Patrick Walujo yang tertarik dengan ide yang ia usung. Meskipun awalnya diragukan, Patrick memberikan dukungan pendanaan terhadap startup tersebut. Menurut Patrick, motivasinya untuk memberikan pendanaan adalah karena ia terkesan dengan ide yang diusung oleh Gibran serta semangatnya yang luar biasa.

Hasilnya, bisnis eFishery tumbuh dengan sangat pesat. Bahkan, Patrick menyebutkan bahwa pendapatan yang diraih oleh startup tersebut pernah melebihi pendapatan dari raksasa ride hailing Indonesia, Gojek. Keberhasilan eFishery juga memberikan dampak positif yang besar bagi petani ikan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved